Ekonomi

Sudah 10 Ribu UMKM Cairkan BUPM Pemprov Riau Sebesar Rp1,2 Juta

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Sebanyak 10 ribu lebih pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Provinsi Riau telah mencairkan Bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUM) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau sebesar Rp1,2 juta.

Sedikitanya ada 20.883 pelaku usaha yang akan menerima bantuan. Pasalnya, Pemprov Riau telah menyiapkan anggaran Rp24,9 miliar lebih di APBD Riau 2021 untuk UMKM terdampak Covid-19. 

Demikian disampaikan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan dan UKM Provinsi Riau, Asrizal, Rabu (29/9/2021) sore di Pekanbaru. 

Asrizal mengatakan, dalam penyaluran BPUM Pemprov Riau kepada 20.883 UMKM, pihaknya bekersama dengan Bank Riau Kepri (BRK). Dimana Pemprov Riau sudah mentrasfer anggaran Rp24,9 miliar tersebut ke BRK selaku bank penyalur secara totalitas. Sehingga langka selanjutnya adalah pencairan dari pelaku usaha.

"Sejauh ini dari laporan BRK sudah 52 persen pelaku usaha sudah mencairkan BPUM Pemprov Riau, atau sekitar 10 ribu lebih pelaku usaha mikro," katanya. 

Lebih lanjut Asrizal menyampaikan, dalam penyaluran BPUM ini pihaknya dengan BRK membuka rekening virtual masing-masing penerima bantuan yang datanya sesuai dengan SK Gubernur Riau. 

"Jadi sekarang bantuan itu telah tersalurkan di rekening virtual masing-masing UMKM penerima BPUM. Tahap selanjutnya pelaku usaha mikro dapat mencair bantuan itu dengan syarat yang telah ditentukan," terangnya. 

Supaya penyalurannya tepat sasaran, sebut Asrizal, maka penerima bantuan harus melampirkan KTP, surat domisili usaha, surat pertanggungjawaban mutlak yang ditandatangani di atas materai. 

"Kalau ketentuan itu sudah dipenuhi, maka pelaku usaha mikro bisa mencairkan bantuan di BRK terdekat. Sedangkan untuk pemberitahuan bahwa pelaku usaha menerima BPUM Pemprov Riau, kita bersama BRK mengirim SMS Blast ke nomor pelaku usaha yang terdaftar. Sehingga pelaku usaha mengetahui bahwa mereka penerima bantuan," tutupnya.