Metropolis

Alami Perenggangan, Kini Jembatan Maredan Siak Bisa Dilintasi

SIAK, RIAULINK.COM - Tim dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Pemukiman Kawasan Permukiman dan Pertanahan (PUPR PKPP) Provinsi Riau, sudah selesai melakukan perbaikan Jembatan Maredan yang ada di Kabupaten Siak. Saat ini, jembatan tersebut sudah kembali nyaman ketika dilintasi masyarakat.

Kepala Dinas PUPR PKPP Taufiq OH melalui Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) I, Ardi Irfandi mengatakan, perbaikan pada jembatan Maredan dilakukan dengan melakukan penyambungan antar segmen menggunakan bantalan karet atau expansion join.

"Setelah melakukan perbaikan pada jembatan Siak 1, tim berpindah tempat untuk melakukan perbaikan jembatan di Maredan (Jembatan Sultan Syarif Hasim) di Kabupaten Siak dan saat ini sudah selesai dikerjakan," kata Ardi, Selasa (28/9/2021).

Dijelaskan Ardi, kondisi kedua jembatan tersebut juga mengalami kerusakan yang sama, yakni terjadi perenggangan antar segmen sehingga menimbulkan adanya celah ditengah jembatan.

"Yang di Maredan itu bahkan lebih besar lagi rengganganya. Karena itu pengerjaannya memerlukan waktu hingga 15 hari," ujarnya.

Meski ada celah akibat adanya renggangan antar segmen yang terjadi di jembatan, pihaknya memastikan kondisi tersebut secara struktur tidak membahayakan. Sehingga warga yang melintas tidak perlu takut. 

"Kalau secara struktur kami pastikan itu tidak ada masalah, dan tidak membahayakan, karena itukan renggangan antar segmen saja, tapi dari segi kenyamanan pengendara yang melintasi jembatan itu memang agak sedikit kurang nyaman. Tapi sekarang jembatan sudah kembali nyaman dilintasi," ujarnya.