Peristiwa

Pesawat Rusia Disambar Petir setelah Terjebak Badai di Dekat Laut Hitam

Ilustrasi Pesawat Terbang. (Pixabay.com)

RIAULINK.COM - Pesawat Boeing 737-800 Azur Air Rusia dengan 175 penumpang terjun bebas namun berhasil selamat saat mendekati resor Laut Hitam Sochi di barat daya Rusia.

Sebuah video merekam teror itu dari kursi penumpang di mana pesawat sempat terjun ratusan kaki dalam badai sebelum disambar petir pada hari Sabtu.

Menyadur Daiy Mail Selasa (28/9/2021), pesawat meninggalkan Ekaterinburg lebih awal tapi tak bisa terbang sesuai rencana penerbangan.

Pesawat itu melakukan pendaratan darurat di Krasnodar, sekitar 180 mil utara Sochi, setelah mengalami turbulensi parah dan disambar petir.

"Itu adalah horor liar," kata seorang penumpang, sementara yang lain mengucapkan selamat tinggal pada kehidupannya karena yakin mereka tak akan selamat.

"Botol dan barang kecil lainnya berserakan di seluruh kabin," kata penumpang tersebut.

"Kemudian petir menyambar kami. Ada ledakan keras dan kilatan terang."

Video menunjukkan turbulensi setelah pesawat disambar petir, tapi pilot berhasil mengendalikan pesawat dan melakukan pendaratan darurat yang luar biasa.

Seorang turis, Anna, mengatakan kepada E1: "Semua orang terkejut. Wanita di sebelah saya sedang membuat tanda salib. Saya ingat semua doa yang saya tahu."

"Saat petir menyambar, saya berbalik. Seorang pria memiliki ketakutan di matanya - saya akan mengingatnya selama sisa hidup saya."

Seorang wanita bernama Anastasia berkata, "Kami terbang melalui awan abu-abu besar dan tiba-tiba petir menyambar - kilat terlihat jelas dan kami mendengar ledakan keras."

"Orang-orang ketakutan, beberapa mengira mesinnya tertabrak."

Beberapa menit sebelumnya pesawat terjun drastis ratusan kaki dalam hitungan detik karena turbulensi di tengah badai.

"Orang yang tidak terikat melompat di tempat mereka, botol air dan gelas beterbangan di seluruh pesawat," lanjut Anastasia.