Riau

Gubri: Kedatangan Presiden Menjadi Semangat Masyarakat Tanam Mangrove

BENGKALIS, RIAULINK.COM - Masyarakat Desa Muntai Barat Kecamatan Bantan Bengkalis tidak menyangka desa mereka di datangi orang nomor satu di negeri ini Selasa (28/9/2021).

Kedatangan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo disambut antusias ratusan masyarakat. Yang sudah menunggu sejak pagi. 

Kehadiran Presiden Jokowi ini dalam rangka menanam sekitar 20.000 batang bibit mangrove bersama masyarkat dalam program. Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) mangrove 2020-2021 di Provinsi Riau, dengan luas mencapai 1.292 ha. 

Kehadiran Jokowi sebagai bentuk apresiasi pemerintah terhadap kerja keras Solohin bersama masyarakat  Desa Muntai Barat yang melakukan penanaman mangrove ditepi pantai mengalami abrasi dan membuat tempat ekowisata Pantai Raja Kecik

"Alhamdulillah ini mimpi Solihin dan kita semua masyarakat Riau, harapan kita semoga dengan kedatangan Bapak Presiden Jokowi, abrasi yang terjadi di sepanjang pulau terluar dapat ditanggulangi, " ujar Gubri disela- sela mendampingi kunjungan Presiden Jokowi.

Solihin adalah Ketua Ikatan Pemuda Melayu Peduli Lingkungan (IPMPL), bersama masyarakat menanam mangrove di tepi pantai mengalami abrasi. Kini Desa Muntai Barat menjadi tempat wisata baru di Bengkalis.

 "Masih teringat saat pertama kali saya kesini menanam mangrove beberapa tahun lalu, dilanjutkan dengan peluncuran pemecah ombak, mendirikan destinasi ekowisata. Alhamdulillah hari ini, Bapak Presiden Jokowi datang  menjadi spirit kami masyarakat Riau," ujar Gubri lagi.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM), melakukan percepatan rehabilitasi mangrove seluas 34.250 ha yang tersebar di 32 Provinsi se Indonesia. ****