Metropolis

SKD CASN Pekanbaru Dimulai Lusa, Peserta Positif Covid-19 Bisa Ujian Susulan

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Kota Pekanbaru tahun 2021, dimulai Rabu lusa. Peserta yang positif Covid-19 bisa mengikuti ujian susulan.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pekanbaru Baharuddin mengatakan, untuk ujian susulan akan diinformasikan lagi kapan akan dimulai.

"Boleh ujian susulan, dengan syarat melampirkan surat keterangan dari Faskes pemerintah maksimal 1 jam sebelum ujian," kata Baharuddin, Senin (27/9/2021).

Surat keterangan itu dikirimkan ke nomor WhatsApp 0877-3354-2946. Peserta tidak boleh tatap muka saat menyerahkan surat keterangan itu kepada panitia seleksi CASN.

"Kirim ke nomor WA yang sudah tertera di pengumuman," jelasnya.

Panitia memang mengharuskan para peserta menjalani swab antigen sebelum menjalani SKD. Panitia menyiapkan swab antigen gratis satu hari sebelum menjalani ujian.

"Jadi satu hari sebelum ujian para peserta bisa menjalani tes swab antigen secara gratis," kata Baharuddin.

Ia menjelaskan, para peserta bisa mendapat swab antigen secara gratis di RSD Madani Pekanbaru, Jalan Garuda Sakti. Peserta cukup membawa KTP dan kartu peserta ujian CASN untuk melakukan swab antigen.

Proses pelaksanaan swab antigen bagi para peserta CASN berlangsung sehari sebelum ujian atau, Selasa (28/9/2021). Swab antigen gratis ini dibuka bagi peserta hingga 3 Oktober 2021 mendatang.

"Swab antigen ini dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatan peserta. Mereka juga diingatkan mengikuti protokol kesehatan saat seleksi berlangsung," jelasnya.

Ia merinci, jumlah pelamar CASN Pemerintah Kota Pekanbaru tahun 2021 yang memenuhi syarat sebanyak 4.950 orang. Sedangkan total pelamar sebanyak 5.645 orang.

Pelamar yang lolos seleksi administrasi memperebutkan 313 formasi yang ada dalam seleksi CASN Pemerintah Kota Pekanbaru tahun 2021. Jumlah itu terbagi lagi, untuk formasi CPNS tahun ini sebanyak 33 formasi. Sedangkan formasi PPPK sebanyak 280 formasi.