Olahraga

Buka Kejurda Sepakbola U16, Syamsuar Berharap Lahirkan Pemain Timnas

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Gubernur Riau, Syamsuar, resmi membuka Kejuaraan Daerah (Kejurda) Sepakbola U16, Piala Gubernur Riau tahun 2021, di Stadion Kaharuddin Nasution Rumbai, Senin (28/9). Kegiatan ini diikuti 11 Tim Sepakbola Kabupaten Kota se Provinsi Riau, Minus tim Sepakbola Kota Dumai. 

Syamsuar, dalam arahannya mengatakan, dengan digelarnya Kejurda Sepakbila U16 dan U14 di tengah masa pandemi COVID-19 ini, agar dapat menghidupkan kembali olahraga Sepakbola di Riau. Sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) percepatan pembangunan Sepakbola Nasional.

“Sesuai dengan intruksi Presiden, tentang percepatan pembangunan sepakbola nasional. Tentu kita dari pemerintah berharap agar dari daerah dan sekolah,  tumbuh kembali semangat olahraga sepakbola, dimana-mana desa jarang tidak ada lapangan sepakbola, sepakbola tempat berkumpulnya warga,” ujar Syamsuar. 

“Semangat ini sudah mulai hilang, karena itu inspres muncul kembali kegiatan sepakbola mulai dari kampung dan dusun, agar dapat melahirkan pemain sepakbola. Jika  tidak ada pembinaan akan hilang sendiri, kesempatan untuk berlatihbdan belajar dari sekolah. Galakkan sepakbola di Kabuaten Kota,” ujarnya lagi. 

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Riau juga berharap dari Kejurda U16 ini mampu melahirkan pemain-pemain yang dapat membawa nama Riau ketingkat nasionsal dan internasional. Apalagi saat ini banyak pemain-pemain daerah yang memperkuat tim nasional Indonesia.

“Kejuaraan ini adalah untuk mencari bibit dari daerah, ini salah satu menjaring anak-anak kita yang bisa menjadi atlet-atlet sepakbola yang bisa membawa nama daerah dikancah nasional dan internasional,” ujar Gubernur Riau. 

Usai membuka Kejurda U16, ditandai dengan tendangan kehormatan oleh Gubernur Riau, Syamsuar, dan didampingi Kadispora Riau. Gubri menyenpatkan diri menyaksikan pertandingan perdana Kejurda U16, antara Kabupaten Kampar menghadapi Kabupaten Inhu. Dimana pada pertandingan perdana ini, Kabupaten Kampar berhasil menang 2-0 atas Inhu.