Metropolis

Gubernur Riau Apresiasi Kampung Tangguh Polres Bengkalis

BENGKALIS, RIAULINK.COM - Program Kampung Tangguh Polres Bengkalis di lahan tidur milik pemerintah Bengkalis yang berada di Desa Sungai Alam Kecamatan Bengkalis mendapat apresiasi Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar. 

Bahkan Gubri secara khusus menyempatkan waktu berkunjung dan meninjau lahan kampung tangguh, Sabtu (25/9/2021). 

Syamsuar datang bersama rombongan melihat langsung kebun kampung tangguh Polres Bengkalis ini di dampingi Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan dan Dadim 0303 Bengkalis Letkol Inf Endik Yunia Hermanto. 

Kesempatan tersebut Gubri melihat langsung kebun cabai, jeruk dan budidaya porang serta lebah madu yang dikelola Polres Bengkalis. 

Syamsuar mengatakan apa yang dilakukan Kapolres dan jajarannya ini bisa dicontoh oleh masyarakat, karena saat ini masih banyak lahan di Riau ini yang kondisinya masih lahan tidur.

"Sebenarnya tanah kita di Riau masih banyak yang kurang produktif apa yang dilakukan Kapolres Bengkalis bisa di contoh masyarakat," ungkap mantan bupati siak dua periode ini.

Gubri mengatakan, tanaman yang sedang di kembangkan di kampung tangguh sangat memiliki nilai ekonomi. Diantaranya budidaya tanaman porang, budidaya gerongang, jeruk dan tanaman lainnya.

"Seperti jeruk yang saat ini cukup banyak pembelinya untuk kebutuhan meningkatkan imun. Penjualannya lagi naik naiknya sangat bagus di kembangkan saat ini," tambahnya.

Untuk itu Syamsuar berharap masyarakat Bengkalis khususnya bisa mencontoh apa yang dilakukan Kapolres Bengkalis ini. Manfaat lahan perkarangan atau lahan yang ada namun tidak produktif menjadi lahan produktif.

"Saat ini di Riau ekspor dari hasil pertanian mulai tinggi permintaannya. Untuk itu masyarakat manfaat tren ekspor non Migas yang lagi tinggi ini, manfaatkan tanah dan lahan yang ada," ucap Syamsuar.

Untuk menciptakan ini memang butuh kemauan, kesungguhan dan Inovasi. Perlu membaca pasar apa yang lagi tren dan dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan.

"Kita berterima kasih kepada Kapolres, keberadaan kampung tangguh yang dikelola ini tentu menjadi contoh dan semangat bagi masyarakat kita. Semoga bisa mendorong pemulihan ekonomi khususnya di kabupaten Bengkalis," katanya. (Mcr)