Metropolis

Singkronkan Visi Misi Lima Tahun Kedepan, Pemkab Rohil Gelar Musrembang RPJMD

ROHIL, RIAULINK.COM - Bupati Rohil Afrizal Sintong Didampingi Wakil Bupati H Sulaiman SS MH dan Sekretaris daerah Rohil HM Job Kurniawan Ap MSi , menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Rohil tahun anggaran 2021-2026, di Ruang Rapat Lantai lll Bappeda Rohil, Kamis (23/9/2021).

Kegiatan dengan tema 'Menuju Rokan Hilir yang Maju Religius dan Berbudaya Berbasis Infrastruktur dan Perekonomian yang Handal', dihadiri juga oleh Ketua DPRD Rohil Maston, Anggota DPRD Rohil, Para Kepala OPD serta Camat.

Bupati Rohil Afrizal menyampaikan bahwa bahwa Musrenbang tersebut adalah untuk menyinkronkan visi misi sebagai bupati dan wakil bupati Rohil untuk lima tahun kedepan, ada beberapa program unggulan selama masa kepemimpinan mereka, Diantara adalah, fokus dengan pembangunan infrastruktur jalan, pendidikan, kesehatan dan peningkatan ekonomi masyarakat.

"Musrenbang ini untuk menyingkronkan Visi dan Misi Sebagai Bupati dan Wakil Bupati untuk lima Tahun kedepannya, ada beberapa program unggulan diantaranya Pembangunan Infrastruktur Jalan, Pendidikan, Kesehatan dan Peningkatan Ekonomi masyarakat," Sebutnya. 

Selain itu, dengan terus minim nya APBD Rohil ini, Pemkab Rohil terus menggesa Perda perubahan BUMD menjadi PT agar bisa mengelola potensi minyak mentah di Blok Rokan karena ini berpeluang banyak meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

"APBD kita sekarang jauh menurun, jadi ini perlu kerja keras bersama semua pihak bagaimana kedepannya kita mengejar pendapatan daerah supaya dapat melakukan pembangunan yang lebih banyak," paparnya.

Sementara itu Ketua DPRD Rohil Maston mengatakan DPRD Rohil telah menerima pengajuan perubahan BUMD Perusahaan Daerah Sarana Pembangunan Rokan Hilir (PD SPR) ke perusahaan terbatas (PT).

Namun saat ini pihak Pansus DPRD Rohil masih menunggu Pemkab Rohil memberikan dahulu penilaian secara akutansi hasil audit Perbankan modal dari PD ke PT. "Kami tinggal menunggu itu aja dari Pansus agar modal yang nanti dituangkan ke PT itulah jadi acuan PT ini kedepannya. Artinya kami DPRD Rohil dukung perubahan PD ini ke PT," jelas politisi PDIP ini," Ujarnya.