Hukrim

Eksekusi 12 Rumah Perkara Perdata di Tembilahan oleh PN Tembilahan Berjalan Lancar

INHIL, RIAULINK.COM - Sebanyak 12 unit rumah / bangunan di jalan Mandala Tembilahan di Eksekusi oleh Pengadilan Negeri Tembilahan.

Eksekusi 12 unit rumah / bangunan tersebut dilakukan setelah melalui tahapan proses Perkara Perdata di Pengadilan Negeri Tembilahan dan telah mencapai Putusan yang berkekuatan hukum tetap.

Jumiardi, SH MH selaku kuasa hukum penggugat mengatakan bahwa perkara ini bermula dari perkara perdata pada tahun 2019 antara Hj. Hajrah dengan H. Selamat yang mana dalam gugatannya itu tentang gugatan wanprestasi terhadap jual beli tanah dan bangunan ( 12 unit ).

"Pada saat diajukan gugatan, para pihak sepakat untuk berdamai, dan pihak selamat sebagai pihak tergugat bersedia dengan sukarela dan dengan etikat baik menyerahkan objek," Kata Jumiardi Kepada Riaulink.com.

lanjutnya, Jumiardi menjelaskan bahwa Namun setelah tercapainya Perdamaian dan kepada pihak tergugat untuk dapat menjalankan isi Akta Perdamaian hingga ditunggu sampai 2 tahun tidak ada kejelasan dan keberadaan tergugat tidak diketahui lagi akhirnya Pengadilan Negeri tembilahan memberikan teguran kepada tergugat namun tidak diindahkan oleh tergugat.

"Akhirnya, Kami selaku pihak penggugat oleh karena pihak tergugat tidak menjalankan isi Perdamaian maka dengan alasan hukum kami mengajukan permohonan eksekusi ke pengadilan negeri tembilahan untuk melaksanakan isi putusan yang telah disepakati bersama saat dilakukan Negoisasi, dan permohonan eksekusi tersebut dikabulkan oleh pengadilan. 

"Untuk melaksanakan isi putusan dan permohonan pemohon eksekusi pada hari ini, Kamis (23/09/2021) pihak pengadilan negeri tembilahan dibantu pihak pengamanan dari polres inhil dan sisaksikan Lurah Tembilahan dan RT setempat untuk melaksanakan isi putusan nomor : 10/Pdt.G/2019/PN Tbh," Jelasnya.

Terakhir, Jumiardi SH MH selaku kuasa hukum tergugat mengatakan sangat menyambut baik dan berterima kasih sekali atas pelaksanaan eksekusi ini.

"Terima kasih atas pelaksanaan Eksekusi ini oleh Pengadilan Negeri Tembilahan dan dibantu pengaman dari Polres Inhil maka atas pelaksanaan eksekusi bagi warga ini merupakan sebuah kepastian hukum atas pengembalian hak nya yang dirugikan," Jelasnya.