Ekonomi

Besok Gubri Lakukan Pemancangan Tiang Pertama SPAM Pekanbaru-Kampar Kapasitas 1.000 Liter per Detik

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar besok, Senin (20/9/2021) melakukan pemancangan tiang pertama pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Lintas Pekanbaru -Kampar. 

Informasi demikian disampaikan Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Riau, Chairul Riski, Minggu (19/9/2021). 

"Iya besok pak Gubernur melakukan pemancangan tiang pertama SPAM Lintas Pekanbaru-Kampar di Desa Kualu, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar," katanya. 

Chairul Riski menjelaskan, SPAM Lintas Pekanbaru-Kampar yang akan dilakukan pemancangan oleh Gubernur Riau ini memiliki kapastitas 1.000 liter per detik. Merupakan kerjasama antara PT PP Tirta Riau dengan BUMD Riau PT Sarana Pembangunan Riau (SPR). 

"SPAM ini sumber air baku berasal dari Sungai Kampar. Nanti SPAM akan melayani lebih kurang 624.000 jiwa atau sekitar 102.000 sambungan rumah yang melewati Kecamatan Tampan, Bukit Raya dan Marpoyan Damai untuk Kota Pekanbaru. Sedangkan untuk Kabupaten Kampar melewati Kecamatan Tambang dan Siak Hulu," terangnya. 

Lebih lanjut Chairul Riski mengatakan, pembangunan SPAM Lintas Pekanbaru-Kampar ini merupakan Bussiness to Bussiness (B to B). Sehingga pembangunan tidak menggunakan dana dari APBD Riau dan APBN. 

"Kerjasama ini akan berlangsung selama 30 tahun antara PT PP Tirta Riau dan PT SPR. Investasi ini merupakan investasi mandiri yang seluruh pembiayaannya berasal Capital Expendiiture (Capex) PT PP Tirta Riau senilai Rp1,6 triliun. Dimana kepemilikan sahamnya dipegang oleh Konsorsium PPMV," tutupnya. 

Untuk diketahui, PT PP Tirta Riau merupakan Badan Usaha Kerjasama (BUK) yang dibentuk oleh Konsorsium PPMV yang terdiri dari PT PP (Persero) Tbk, PT PP Infrastruktur, Maynilad Water Services Inc, dan PT Varsha Zamindo Lestari sebagai pelaksana pembangunan SPAM Lintas Pekanbaru-Kampar.

Pemancangan akan dihadiri Walikota Pekanbaru Firdaus, Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, pihak PT PP Tirta Riau, Komisaris dan Direktur PT SPR, dan pejabat Pemprov Riau.