Sosial

Selain Terima Bantuan, Korban Musibah Kebakaran di Dumai Dijanjikan Dibangun RLH 

Keterangan foto : Wali Kota Dumai Paisal saat menyerahkan bantuan kepada salah seorang korban kebakaran yang terjadi pada Kamis, 16 September 2021 lalu

DUMAI, RIAULINK.COM - Wali Kota Dumai Paisal kembali menyambangi wilayah Kampung Pesisir, Jalan Cendrawasih, RT 01, Kelurahan Laksamana, Kecamatan Dumai Kota, Sabtu (18/9/2021). 

Kali ini orang nomor satu Kota Dumai ini turut didampingi Pjs Sekdako Dumai, Syahrinaldi dan Plt Kepala Dinas Sosial Kota Dumai, Afrilagan. 

Kedatangan Dumai Satu ini dalam rangka memberikan bantuan kepada sembilan kepala keluarga yang ikut menjadi korban musibah kebakaran belum lama ini.

Bantuan berupa logistik seperti peralatan dapur, kasur lipat, matras tenda gulung, peralatan mandi, selimut wol, seragam sekolah juga sembako serta makanan siap saji dan makanan buat anak-anak.

Paisal mengatakan bantuan tersebut tak hanya dari Pemko Dumai saja melainkan sinergi dari semua pihak. 

"Kami berterima kasih kepada seluruh donatur, organisasi sosial seperti BAZNAS, LAZ (Lembaga Amil Zakat) BUMN dan BUMD yang telah bersinergi dengan kami (Pemko Dumai),"ucap Paisal di depan para korban musibah kebakaran itu.

Ia juga turut berduka cita atas musibah yang menimpa para korban, dan meminta kepada korban untuk tetap bersabar. 

"KIta sebagai manusia tak ada yang menginginkan musibah ini terjadi. Ini semua sudah kehendak Allah SWT, semoga dibalik musibah ini ada hikmah yang kita dapatkan,"ucap dia sembari menguatkan para korban.

Selain itu, dirinya juga menekankan kepada Camat Dumai Kota, Indra Safawi dan Lurah Laksamana, Sutini agar mendata rumah korban yang dipastikan mendapatkan bantuan rumah layak huni (RLH).

"Jangan mereka (korban musibah kebakaran) hanya dijanjikan saja melainkan dipastikan pembangunannya. Kita minta siapkan administrasinya agar tahun depan mereka bisa mendapatkan bantuan RLH dan segera koordinasikan dengan Dinas Perkim (Perumahan dan Permukiman Rakyat) Kota Dumai,"pesan dia tegas.

"Sekali lagi bapak dan ibu dimohon bersabar, jangan bersedih, yang paling penting tetap menjaga kesehatan semuanya. Nantinya untuk kebutuhan lainnya, kita melalui Dinas Sosial akan dibangunkan dapur umum, semoga bermanfaat bagi bapak dan ibu semua,"tutup dia.

Sebagaimana diketahui, musibah kebakaran terjadi pada Kamis, 16 September 2021 di salah satu kawasan pada penduduk di Kota Dumai. 

Kobaran api habis melalap lima unit rumah yang menyisakan puing-puing mengakibatkan sembilan KK terpaksa harus kehilangan tempat tinggalnya. 

Dari informasi yang dirangkum warga setempat, kebakaran terjadi sekiranya pukul 18.00 WIB yang berasal dari salah satu rumah kosong milik almarhumah Siti Aisyah. 

Angin sore kala itu dalam keadaan kencang sehingga dengan mudah menyebar ke sejumlah rumah yang mayoritas memang berdindingkan papan dan hanya berbatas dengan dinding saja antara satu rumah dengan rumah lainnya yang ikut terbakar. 

Lurah Laksamana, Sutino kepada wartawan mengungkapkan ada lima unit rumah ikut terbakar di antaranya rumah petak tiga milik almarhum Abu Bakar, satu rumah milik Katemin, satu rumah milik Atan Izhar, satu rumah milik Zubaidah dan satu rumah kosong milik almarhumah Siti Aisyah. 

"Tidak ada korban jiwa, namun yang kehilangan tempat tinggal sebanyak sembilan KK, karena ada rumah petak permanen yang diisi tiga keluarga. Mereka membutuhkan bantuan uluran tangan kita karena semua barang milik mereka habis ludes terbakar,"sebut dia mengakhiri.