Metropolis

Warga Pekanbaru Kesal Dikenakan Biaya Parkir saat Berbelanja di Alfamart dan Indomaret

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Sejak kerjasama pengelolaan parkir antara pihak ketiga dan Dinas Perhubungan (Dishub) Pekanbaru dimulai, kini warga dibebankan membayar parkir di Indomaret dan Alfamart.

Kondisi itu dikeluhkan warga lantaran harus membayar parkir saat belanja di dua ritel itu. Padahal, warga yang datang hanya sekadar membeli pulsa, bahkan mengisi token listrik saja.

"Kadang cuma beli air mineral harga Rp4000, ditagih parkir. Sebelumnya kan nggak ada," kata F, warga Pekanbaru, Selasa (14/9/2021).

Ia menilai, jika untuk mengejar pendapatan daerah yang lebih besar, penempatan juru parkir di dua ritel itu tidak efektif. Sebab, kata dia, tidak ada jaminan uang parkir masuk ke kantong juru parkir.

"Kenapa saya bilang gitu. Itu parkir kan harusnya ada karcis. Besaran yang disetorkan pasti berdasarkan karcis yang habis. Kalau juru parkir tidak ngasih karcis ke warga, kemana uang parkir yang dibayarkan?," jelasnya.

Seperti diketahui, sejak gagal menjalin kerjasama dengan PT Datama beberapa waktu lalu, Dishub kembali lakukan sayembara untuk layanan parkir di beberapa ruas jalan.

Secara resmi, layanan perparkiran dikelola PT Yabisa Sukses Mandiri (YSM) sebagai pihak ketiga. Layanan ini mulai berlaku sejak 1 September 2021.