Olahraga

72 Peserta Ikuti Kompetisi Olahraga Tradisional

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Kompetisi Olahraga Tradisional tajaan Dinas Kebudayaan Provinsi Riau dimulai hari ini,  Senin (13/09/2021), bertempat di laman Bandar Seri Melayu Taman Budaya Riau. Kegiatan ini resmi dibuka oleh Gubernur Riau yang diwakili oleh Kadisbud Riau, R Yoserizal Zen. Sejumlah 72 orang dari kabupaten/kota se Provinsi Riau ikut berpartisipasi sebagai peserta.

Dalam sambutannya, Raja Yose mengatakan bahwa kegiatan ini adalah salah satu bagian dari rangkaian Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) Provinsi Riau. Melalui kompetisi yang diikuti oleh peserta setingkat SLTP ini diharapkan mampu memperoleh pemenang yang akan bersaing di tingkat nasional.

“Provinsi Riau berharap di tahun ini bisa mengutus peserta hasil seleksi ini ke tingkat nasional pada penyelenggaraan Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) yang akan berlangsung pada 19 hingga 26 November 2021 mendatang,” ungkap Raja Yose.

Seperti diketahui bahwa Provinsi Riau mendapat posisi terbaik pada PKN tahun-tahun sebelumnya. Untuk itu seleksi yang dilaksanakan di PKD Provinsi Riau tahun ini diharapkan memperoleh atlit-atlit terbaik pada cabang olahraga Egrang, Lari Balok, dan Egrang Batok. Hari ini telah dilangsungkan kompetisi di tiga cabor. Sementara esok hari (14/09/2021) akan berlanjut sesi final untuk memperoleh pemuncak di setiap cabor.  Meski masa pandemi masih mengungkung, pelaksanaan kompetisi dengan prokes yang ketat dapat diterapkan oleh seluruh peserta dan penyelenggara.

“Kita telah bersepakat sebelum melaksanakan kegiatan ini untuk bisa saling memahami situasi yang ada. Oleh karena itu seluruh yang terlibat dalam pelaksanaan ini telah berkomitmen untuk tetap menerapkan prokes demi keselamatan dan kesehatan bersama,” tambah Raja Yose.

Dalam upacara pembukaan hari ini, sebagaimana diketahui turut hadir Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau dan stakeholders terkait, antara lain Kadispora, Kadisdik, Kadissos, Ketum MKA LAM Riau, Perwakilan Kadispar, serta KOTI dan KNPI untuk memberikan dukungan positif terhadap kesuksesan calon delegasi Provinsi Riau pada PKN tahun 2021 yang mengusung tema Cerlang Nusantara, Pandu Masa Depan.