Peristiwa

Paska Insiden Jembatan Pedamaran ll, KSOP Bagansiapiapi Tunda Pelayaran Sampai Ada Kesepakatan

ROHIL, RIAULINK.COM - Paska terjadinya insiden Jembatan Pedamaran ll yang diduga ditabrak Kapal Tongkang TB. Sumber Laut 99 yang ditarik oleh ASH 2103 milik PT.Cahaya Kurnia Perkasa membawa granit asal Tanjung Balai Karimun Selasa (07/09/2021) lalu. Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Bagansiapiapi untuk sementara waktu pelayaran ditunda sebelum adanya penyelesaian permasalahan dengan Pemerintah Daerah.

" Kalau kapal dan surat-suratnya itu untuk sementara kita tunda pelayarannya, kita tunda sampai adanya kesepakatan antara kedua belah pihak (Pemda Rohil & Perusahaan red), kemudian ada kesepakatan hitam diatas putih, Setelah semuanya Klir baru bisa kita berangkat kan," kata Kapala KSOP Kelas IV Bagansiapiapi, Suyatno, ST., MM melalui Petugas Status Hukum Dan Sertifikasi Kapal, Mursalin,SE didampingi Petugas Lalu Lintas Angkutan Laut Dan Usaha Pelabuhan, Muhammad Riyanto Jum'at (10/09/2021)

Dijelaskan Mursalin, bahwa pihaknya sudah memanggil pihak kontraktor penanggung jawab dilapangkan" Kita sudah menahan dokumen kapalnya. Pihak kontraktor penanggung jawab lapangan sudah kita panggil, mereka sudah datang, mereka menjelaskan saat ini pihaknya sedang berembuk dengan pemerintah daerah. Intinya selama belum ada titik temu kapal tersebut tidak bisa berangkat," ujar Mursalin.

Sebelumnya, Bupati Rohil Afrizal Sintong bersama Wakil Bupati H Sulaiman turun kelokasi untuk meninjau langsung kondisi jembatan Pedamaran ll, dan Bupati minta pihak kontraktor bertanggung jawab atas patahnya tiang pengaman dan tiang penyangga jembatan Pedamaran ll tersebut, (AMAN).