Ekonomi

Pemkab Bengkalis Akan Ekspor Produksi Tambak Udang

BENGKALIS, RIAULINK.COM - Pencapaian potensi produksi tambak udang di Kabupaten Bengkalis saat ini telah mencapai 200 hingga 250 ton per bulan. Pencapaian ini diketahui semakin menurun dikarenakan adanya Covid-19. 

Karena sebelum Covid-19 melanda, lebih kurang 80 hingga 100 ton per bulannya mampu mengekspor keluar negeri melalui Bengkalis dan Dumai, menuju Malaysia dan Singapura, sisanya tersebar di dalam negeri seperti Medan, Jambi, Jakarta dan tempat lainnya. 

Namun setelah pandemi Covid-19 melanda, hanya bisa mengekspor sekitar 30 ton/per bulan dan sisanya dalam negeri karena ada kebijakan lockdown di negara tetangga. 

Hasil pencapaian ini disampaikan Bupati Bengkalis diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Bengkalis, Heri Indra Putra dihadapan Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM Bidang Ekonomi Kerakyatan beserta rombongan saat menghadiri silaturahmi dan pembicaraan pengembangan koperasi yang bergerak di bidang Usaha Tambak Udang Vaname di Kabupaten Bengkalis, di Aula Dinas Koperasi UKM Kabupaten Bengkalis, Kamis (9/09/2021) malam. 

Pengembangan budidaya udang vaname atau udang air payau yang merupakan potensi besar di Kabupaten Bengkalis ini terdapat 68 pelaku tambak udang vaname yang tersebar di enam kecamatan dalam wilayah Kabupaten Bengkalis, kata Heri.

Enam Kecamatan tersebut yakni Kecamatan Bengkalis, Bantan, Bukit Batu, Bandar Laksamana, Rupat dan Rupat Utara, namun baru empat pelaku usaha yang telah memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) semuanya di Kecamatan Rupat.

"Tentunya hal ini menjadi kesempatan bagi kami, dengan hadirnya bapak Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM Bidang Ekonomi Kerakyatan M.Riza Damanik beserta rombongan semoga bisa menambah jumlah SIUP kami serta dapat memberikan rumusan rumusan dengan berbagai kebijakan yang efektif dari tingkat pusat," jelas Heri

"Sehingga apa yang kami harapkan dapat menjadikan petani tambak udang di Kabupaten Bengkalis kedepannya dapat kepastian hukum, aman, sukses serta mandiri dan sejahtera dalam berusaha dan bekerja," Tegasnya.

Turut hadir Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Bengkalis Tarmizi, Kepala Dinas Perikanan diwakili Mukhlizar, Kepala Dinas Perkebunan diwakili Rufiani, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan diwakili Marlia, Kabag Perekonomian Setda Bengkalis diwakili Mukhlis, Kabag Hukum Setda Bengkalis Fendro Arrasyid dan Kasubbag Dokumentasi Prokopim Setda Bengkalis Indra.