Riau

Kesiapan Masyarakat dalam Menghadapi Transformasi Digital

RIAULINK.COM - Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Riau yaitu Drs. H. Syamsuar, M.Si., dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Webinar membahas tentang KESIAPAN MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI TRANSFORMASI DIGITAL oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Pembahasan mengenai fungsi media sosial, meliputi memperluas interaksi sosial, menciptakan komunikasi dialogis, melakukan transformasi, membangun personal branding, serta sebagai media komunikasi. Tips bermedia sosial dengan bijak, antara lain jangan mudah terprovokasi dengan judul berita, bersikap kritis, memanfaatkanlah situs jejaring sosial secara baik dan benar, hindari menyebarkan kebohongan, SARA, hoax, serta menjadi warganet saling menghargai, ATM (Amati, Tiru & Modofikasi), dan sertakan sumber. Pikirkan bahan yang akan diunggah terlebih dahulu. Lihat skala prioritas, apakah penting untuk dibagikan atau tidak. Jangan asal mengunggah namun unggahlah informasi yang bisa dipertanggung jawabkan.

Transformasi digital dunia pendidikan, mencakup, dosen dan guru dituntut untuk menjadi peneliti, ilmuwan bertugas meneliti dan menemukan hal-hal baru, masyarakat umum juga berkesempatan menjadi pencipta, anggota komunitas berperan untuk membagikan pengetahuan atau informasi, menerapkan pengetahuan untuk melaksanakan serta peranan masyarakat sebagai komunitas akademik. Pendidikan di era digital merupakan pendidikan yang harus mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi ke dalam pembelajaran. Peran akademik sangat menempati posisi penting dalam meliterasi generasi muda. Namun dibalik itu sebagai generasi muda harus terus belajar dengan mengasah kemampuan dan bahasa asing, juga harus bisa berkolaborasi dan tampil bersama dalam mensukseskan kecerdasan bangsa serta membagikan ilmunya kepada generasi berikutnya.