Riau

Bijak Beretika di Internet

RIAULINK.COM - Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Riau yaitu Drs. H. Syamsuar, M.Si., dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Webinar membahas tentang BIJAK BERETIKA DI INTERNET oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Menurut Atika Defita Sar, S.Pd., M.Si sebagai Guru Matematika SMPN Satu Atap 026 Padang Mutung, masyarakat harus menerima bahwa Internet bukanlah value free-zone. Artinya World Wide Web adalah tempat di mana nilai-nilai dipertimbangkan dalam arti yang luas, sehingga masyarakat harus berhati-hati saat membentuk konten dan layanan dan harus menyadari bahwa internet tidak terlepas dari masyarakat universal tetapi itu adalah komponen utama darinya.

Masyarakat tidak boleh menggunakan internet untuk menipu orang lain dengan berpura-pura menjadi orang lain. Menyembunyikan identitas diri sendiri untuk membodohi orang lain di dunia Internet adalah kejahatan dan mungkin juga berisiko bagi orang.

Bijak beretika di internet, dengan cara sesuaikan penggunaan media sosial dengan kebutuhan atau minat, batasi penggunaan media sosial, alokasikan waktu yang singkat bermedia sosial, tidak curhat masalah pribadi di media sosial, tidak memulai konflik, tidak berbagi hal yang tidak pantas, serta bersikap terlalu ekstrim. Jika tidak bijak di internet, maka jejak digital yang ada di internet akan tersimpan selamanya.

Lindungi jejak digital, dengan cara tidak langsung percaya dengan berita atau informasi yang tidak masuk akal, pilah informasi yang akan berdampak baik, tinggalkan jejak digital yang berdampak positif, serta buat password yang sulit dan ganti secara berkala. Jejak digital akan berpengaruh dengan masa depan seseorang, maka sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan, lebih baik menjaga jejak digital tetap bersih dan positif.