Lingkungan

Berikan Pengawasan Terhadap Ijin Lingkungan, Kepala DLH Kuansing Imbau Pengusaha Patuhi Aturan

Keterangan Foto: Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kuansing, Drs. Rustam Mahmud.

KUANSING RIAULINK.COM - Kepala dinas lingkungan hidup (DLH)  Kuansing Drs. Rustam Mahmud menyampaikan salah satu tupoksi DLH adalah Pengawasan Pena'atan Lingkungan Hidup terhadap usaha dan atau kegiatan yang ijin lingkungannya dikeluarkan oleh Kabupaten Kuansing Senin (5/9/2021) diruang kerjanya.

Dikatakannya, Kegiatan Pengawasan dan Pena'atan tersebut dilakukan minimal dua kali setahun secara reguler. Tetapi kalau seandainya ada pengaduan dari masyarakat tentang pencemaran lingkungan DLH  akan segera turun menindak lanjuti pengaduan tersebut," ucap Kadis Rustam Mahmud di ruang kerjanya di dampingi Ermi Johan, S.Si Kabid Penaatan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup Kuansing.

Keterangan Foto: Dinas Lingkungan Hidup Kuansing sedang malakukan peninjauan ke lokasi kolom limbah salah satu PKS di Kuansing

Kadis merilis saat ini, jumlah  usaha dan kegiatan masyarakat yang dilakukan pembinaan dan pengawasan lingkungan sesuai ijin lingkungan yang sudah dikeluarkan terdapat lebih kurang 30 usaha dan kegiatan. Baik usaha yang lakukan oleh Pemerintah maupun swasta," jelasnya.

Dia merinci, bentuk usaha dan kegiatan yang wajib mengantongi ijin lingkungan antara lain  kilinik dokter,  rumah sakit, dan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) serta Hutan Tanaman Industri (HTI) dan sebagainya.

Sejauh ini kata Kadis, kita telah  lakukan Pengawasan terhadap PKS yang ada di Kuansing pada semester pertama sebanyak 20  PKS, di tambah Crumrubber atau pabrik pengolahan karet 1 unit dan  5 sektor HTI serta rumah sakit dan klinik.

Pengawasan itu dilakukan oleh  tim dari dinas Lingkungan Hidup  yang bertugas melakukan pengawasan sesuai dengan panduan ijin lingkungan serta ketentuan perundangan yang berlaku. 

" Tugas Tim tersebut melakukan pengawasan terhadap sumber sumber kegiatan yang berpotensi menimbulkan pencemaran lingkungan, pengendalian pencemaran air, pencemaran udara, limbah B3, dan lain lain," terang Kadis Lingkungan Hidup Kuansing Rustam Mahmud.

Keterangan Foto: Kadis DLH Kuansing Rustam bersama anggota Komis II DPRD Kuansing Darwis meninjau kolom limbah PKS Perusahaan Asia Sawit Makmur Jaya (ASMJ) di Kuansing.

Selanjutnya, hasil pemerikasaan atau temuan lapangan akan di tuangkan dalam sebuah  berita acara yang di tanda tangani oleh kedua belah pihak, baik yang diawasi maupun yang mengawasi," jelasnya.

Salah satu contoh jika ada parameter air limbah yang melebihi baku mutu, maka Dinas Lingkungan Hidup akan menindak lanjuti temuan dimaksud, baik berupa tindak lanjut maupun teguran.yang dituangkan dalam berita acara," pungkas nya. (Ind)