Budaya

Ditargetkan 600 Nakes di Dumai Akan Divaksin Ketiga

Keterangan foto : Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai dr Syaiful

DUMAI, RIAULINK.COM - Tenaga kesehatan (Nakes) menjadi ujung tombak penanganan Covid-19 di Kota Dumai. 

Untuk mencegah penularan Covid-19 pemerintah memberikan vaksin booster atau vaksinasi tahap ke tiga. khusus kepada nakes.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Dumai dr Syaiful kepada wartawan, melalui sambungan telepon selulernya, Kamis (26/8/2021).

Menurut dia, vaksinasi ketiga ini menggunakan Vaksin Moderna buatan Amerika yang merupakan bantuan dari Dinas Provinsi Riau sebanyak 1.918 dosis untuk tahap pertama sebagai pemacu (booster) bagi nakes yang dilaksanakan secara bertahap.

Vaksin Moderna bagus untuk membentuk kekebalan tubuh nakes agar tidak tertular Virus Corona.

Ia tak menampik, Vaksin Moderna memiliki efek samping atau efek lokal  dibandingkan dengan Vaksin Sinovac.

"Setelah nakes disuntikkan, nanti anti bodi langsung terbentuk ditandai dengan meningkatnya suhu tubuh atau demam, ini bagus untuk booster nakes,"terang dia.

Dikatakan dia, bagi nakes yang memiliki penyakit penyerta (kormobit) juga lebih aman disuntik dengan Vaksin Moderna.

"Meskipun sebelumnya, nakes yang memiliki kormobit dan tidak bisa disuntik, dengan Vaksin Moderna sudah bisa,"tutup dia.

Sementara itu, di kesempatan berbeda, Direktur RSUD Kota Dumai, hingga Rabu, 25 Agustus 2021 kemarin sudah 60 nakes yang divaksin Moderna.

"Kita menargetkan sebanyak 600  nakes akan disuntik Vaksin Moderna yang dilakukan bertahap. Kita  mengutamakan perawat, bidan dan dokter terlebih dahulu, nanti dilanjutkan dengan tenaga medis lainnya,"ucapnya singkat.(kll)