Metropolis

Ustadz King Kiyamudin Terpilih Sebagai Ketua IKLA Pelalawan Periode 2021-2024

PELALAWAN, RIAULINK.COM - Ikatan Keluarga Luhak Agam (IKLA) dan Ikatan Wanita Luhak Agam (IWALA) Kabupaten Pelalawan mengadakan Musyawarah Luhak Agam Tahun 2021 untuk memilih ketua IKLA dan IWALA periode 2021-2024, Sabtu (21/08/2021) di Taman Wisata Kampong Tuk Andal, SP 6 Desa Makmu, Pangkalan Kerinci. 

Musyawarah yang bertemakan "Nan Rancak Kato Mufakaik, Nan Rajo Kato Saiyo" dihadiri oleh Dewan Pembina, Dewan Penasehat, ketua dan pengurus IKLA dan IWALA Pelalawan periode 2018-2021, IKLA Pangkalan Kuras serta warga IKLA Pelalawan. 

Sebelum diadakan Musyawarah, terlebih dahulu disampaikan laporan pertanggungjawaban kepengurusan IKLA dan IWALA Pelalawan periode 2018-2021. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan jabatan ketua IKLA dan IWALA periode 2018-2021 kepada Dewan Pembina dr Anda Citra Utama SPD. 

Dalam musyawarah pemilihan ketua IKLA dan IWALA Kabupaten Pelalawan, panitia acara meminta kepada setiap rayon untuk memberikan usulan nama calon ketua. Ada tiga rayon dan satu cabang yaitu IKLA Pangkalan Kuras yang mempunyai hak untuk memberikan usulan calon ketua. 

Setelah masing-masing rayon dan cabang IKLA Pangkalan Kuras berdiskusi mencari sosok yang tepat memimpin IKLA, akhirnya dari keempat pemilik hak suara sepakat memilih Kiyamudin Rajo Sutan atau biasa dipanggil "Ustadz King" untuk memimpin IKLA Kabupaten Pelalawan periode 2021-2024. 

Kemudian dilanjutkan dengan pemilihan ketua IWALA Kabupaten Pelalawan dengan cara yang sama, dan dari keempat pemilik hak suara sepakat memilih kembali ketua IWALA sebelumnya, Ibu Rida Agusti Dewi memimpin IWALA Kabupaten Pelalawan periode 2021-2024. 

Setelah dinyatakan sah terpilih sebagai ketua IKLA dan IWALA Kabupaten Pelalawan periode 2021-2024, ketua terpilih didaulat untuk memberikan pidato pertamanya sekaligus menyampaikan visi dan misi dalam kepemimpinannya. 

Dalam pidatonya, Ketua IKLA terpilih mengucapkan puji syukur serta berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan meski masih ragu atas terpilihnya sebagai ketua IKLA Kabupaten Pelalawan. Ia berjanji akan menjalankan amanah ini sebaik mungkin. 

Begitupun dalam penyampaian visi dan misinya, Ustadz King yang sudah terbiasa memberikan ceramah agama begitu lugas menyampaikannya. Ia juga menyisipkan beberapa kata pepatah petitih yang sudah menjadi tradisi dalam kehidupan masyarakat Minangkabau. 

Inilah Visi dan Misi ketua terpilih IKLA Kabupaten Pelalawan periode 2021-2024, 

"Visinya memperkokoh semangat kekeluargaan dan gotong royong sesama warga Luhak Agam dengan jalinan silaturahmi yang erat berlandaskan Adat Basandi Syaraq, Syaraq Basandikan Kitabullah untuk mencapai kesejahteraan bersama serta semaksimal mungkin ikut berkontribusi terhadap perkembangan Kabupaten Pelalawan sebagai ranah tempat rantau IKLA Kabupaten Pelalawan. 

Misinya adalah mempererat silaturahmi sesama warga Luhak Agam melalui sarana dan kegiatan sosial maupun kemasyarakatan dengan tema Barek Samo Dipikua, Ringan Samo Dijinjiang. 

Yang kedua menjadi wadah yang dapat memberikan pencerahan bagi warga Luhak Agam yang berda di Kabupaten Pelalawan, untuk dapat mendukung dan berkontribusi dalam pembangunan Kabupaten Pelalawan yang berazaskan Dima Bumi Dipijak, Disinan Langik Dijunjuang. 

Yang ketiga menjadi wadah untuk saling bertukar fikiran dan informasi yang bermanfaat bagi bernilai bagi agama, sosial dan budaya baik secara langsung maupun media sosial dengan menjunjung tinggi Adat dan norma-norma hukum dan landasan Lamak Diawak Katuju Diurang".

Diakhir pidatonya, Ustadz King Kiyamudin Rajo Basa mengatakan untuk mencapai semua itu kuncinya adalah kebersamaan. 

"Ibarat sapulidi, tangkainyo ambo nan tapiliah untuak mamacik dan maayunkan, nan bakarajo adalah kito basamo sebagai lidinyo. Apabilo ado satu kesatuan, barek akan taraso ringan dan sesuatu masalah Insha Allah akan salasai". 

Reporter : Anton Sikumbang