Serambi islam

Jelang MTQ Riau ke 39, Kafilah Dumai Ikuti TC

Keterangan foto : kegiatan TC para kafilah yang disaksikan langsung Ketua LPTQ Kota Dumai, Syafwan

DUMAI, RIAULINK.COM - Jelang pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Provinsi Riau ke XXXIX (39) tahun 2021 yang digelar di Kabupaten Pelalawan pada bulan November atau Desember mendatang, sejumlah persiapan pun dilakukan oleh Kota Dumai.

Khususnya yang dilakukan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Dumai dengan melakukan training center (TC) atau pusat pelatihan bagi para kafilah.

TC akan dilakukan sebanyak 12 kali tatap muka setiap hari Sabtu dan Minggu bertempat di guest house (penginapan) Pemko Dumai, di samping gedung media center Wan Dahlan Ibrahim, Jalan Putri Tujuh Kecamatan Dumai Timur.

Dimana sebelumnya pembukaan TC dipimpin langsung oleh Wali Kota Dumai, Rabu, 4 Agustus 2021 pekan lalu namun mulai dilaksanakannya pada Sabtu, 7 Agustus 2021 akhir pekan lalu.

Dalam sambutannya, Paisal berharap agar para kafilah tekun serta disiplin dalam berlatih termasuk para pelatih, apalagi mengingat saat ini masa pandemi Covid-19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Dirinya berujar, dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, ia tak ingin saat akan menjelang pelaksanaan MTQ mendatang, terutama para qori terpapar Covid-19 atau penyakit lainnya.

"Jadi jangan kasih kendor penerapan prokes 5 M, jangan lupa memakai masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas keluar daerah dan menjauhi kerumunan,"pesan dia.

Senada disampaikan Syafwan, Ketua  LPTQ Kota Dumai memaparkan TC ini bertujuan mempersiapkan 12 cabang  yang akan diperebutkan ajang MTQ Provinsi Riau. 

Adapun ke 12 cabanh itu nanti akan mengikuti empat cabang yang diperebutkan dengan rincian, 12 kafilah Qiroat delapan orang, Hifzil Quran 10 orang, Fahmil enam orang, Syahril Quran enam orang, Musabaqoh Makalah Ilmu Alquran (M2IQ) enam orang.

"Sedangkan di sesi kedua akan dilanjutkan dengan TC hadist empat peserta lalu Khatil delapan dan Tafsir enam orang,"ujarnya menambahkan.

"Untuk kafilah yang kita berangkatkan sebanyak 60 peserta, semoga nanti hasilnya Kota Dumai bisa menghasilkan yang terbaik pada ajang MTQ Provinsi Riau ke 39,"tutup dia. (Kll)