Metropolis

Tingkatkan Pelayanan, Kecamatan Sungai Batang Hadirkan Inovasi 'Paten Pepes'

INHIL, RIAULINK.COM - Kecamatan Sungai Batang adalah salah satu kecamatan termuda di Kabupaten Indragiri Hilir yang merupakan pemekaran dari Kecamatan Reteh. Kecamatan Sungai Batang terbentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir Nomor 16 Tahun 2005 tanggal 19 Maret 2005 tentang Pembentukan Kecamatan Concong, Kempas dan Sungai Batang.

Diawal terbentuknya Kecamatan Sungai Batang terdiri dari 6 (enam) desa yaitu, Benteng, Benteng Utara, Pasenggerahan, Kuala Sungai Batang, Kuala Patah Parang dan Benteng Barat. Kemudian pada tahun 2011, Kecamatan Sungai Batang berkembang menjadi 1 Kelurahan dan 7 Desa. 

Dalam rangka melaksanakan Tugas Pokok dan Fungsi Camat Sungai Batang sebagai Kepala Pemerintahan di wilayah Kecamatan Sungai Batang yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Daerah Kabupaten Indragiri Hilir, maka Camat Sungai Batang melaksanakan tugas kewenangan pemerintah yang dilimpahkan oleh Bupati untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah dan penyelenggaraan tugas umum pemerintahan sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menyelenggarakan pemberedayaan, keamanan dan ketertiban, pelayanan masyarakat dan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di kecamatan, maka senantiasa di upaya peningkatan kompetensi, kapasitas dan kualitas pelayanan yang sesuai dengan tuntutan masyarakat. 

Camat Sungai Batang, Hardiansyah, A.MP

Mengatakan bahwa oleh karena itu, Kecamatan Sungai Batang Kabupaten Indragiri Hilir membuat terobosan dalam Pelaksanaan Pelayanan Publik yang lebih Efsien, Efektif, Transparan dan AKuntabel melalui Layanan Publik berbasis Digital dengan Aplikasi Website Resmi Kecamatan Sungai Batang. 

"Adapun unsur yang ada dalam Layanan Publik Berbasis Digital di Kecamatan Sungai Batang Kabupaten Indragiri Hilir, yaitu : 

1. Website Resmi Kecamatan Sungai Batang yang berisikan Profil Kecamatan Sungai Batang. 

2. Pada Menu Layanan memuat PATEN PEPES wilayah Desa Kuala Patah Parang, Kuala Sungai Batang dan Desa Pandan Sari. 

3. Pada Halaman Web memuat link sebagai tindak lanjut melalui aplikasi WhatsApp dan atau mendownload format yang diinginkan pada Menu Layanan PATEN PEPES. 

4. Urusan pelayanan admintrasi selanjutnya berkas pengantar dikirim via WA dan ditindak lanjuti dengan menerbitkan sesuai urusan admintrasi yang diminta, jika sudah selesai berkas awal dan berkas akhir dikirim ke Kantor Camat Sungai Batang untuk diarsipkan," Kata Hardiansyah kepada Riaulink.com, Kamis (29/07/2021).

Lanjutnya, Hardiansyah menjelaskan bahwa dengan adanya PATEN PEPES (Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan Spesial Pesisir) ini, manfaat secara umum yang akan diperoleh adalah sebagai berikut :

1. Dapat menjembatani kesenjangan desa pesisir, terisolir dan terluar. Sistem seperti ini sangat membantu, terutama jika dikaitkan dengan permasalahan geografs Kecamatan Sungai Batang yang terdiri dari pesisir. 

2. Jangkauan yang luas. Dengan teknologi Smartphone diharapkan dapat memperluas jaringan dan akses yang dapat dipercepat sehingga mempermudah desa yang tersebar di beberapai tempat. 

3. Melahirkan inovasi yang menarik. Dengan sistem ini pelayanan jarak jauh akan lebih efektif, vefisien dan ekonomis. 

4. Secara materi dapat menghemat biaya seperti biaya transportasi. 

5. Selain manfaat pelayanan PATEN PEPES (Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan Spesial Pesisir) dapat digunakan untuk koordinasi antara pemerintah Kecamatan dan Desa maupun lintas sektor. 

"Ada banyak layanan yang diberikan oleh PATEN PEPES (Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan Spesial Pesisir) ini diantaranya adalah 1. Alur informasi, sosialisasi dan koordinasi antara Kecamatan dan Kelurahan/Desa. 2. Alur pelayanan bagi masyarakat yang akan berurusan hingga tingkat kecamatan. 

3. Membangun kolaborasi dan sinergisitas antara pemerintah sebagai penyedia layanan dan masyarakat sebagai pengguna layanan. 4. Bentuk dukungan yang dilakukan oleh pemerintah kecamatan terhadap kebijakan efsiensi dan efektivitas layanan publik. 5. Sebagai media pemberdayaan masyarakat untuk berpartisipasi dalam peningkatan pelayanan administrasi dan pembangunan," Jelasnya.

Terakhir, Hardiansyah menjelaskan bahwa ada beberapa Kegunaan dan manfaat Inovasi PATEN PEPES ini diantaranya

Mempermudah Pelayanan Admintrasi Pemerintahan di Desa khususnya daerah Pesisir (terisolir) karena ketergantungan dengan transportasi air (Pasang Surut) dan geografs Kecamatan Sungai Batang yang berada di Seputar Aliran Sungai Gangsal dan Sungai Batang. Mewujudkan Pelayanan Publik yang lebih praktis, efsien dan ekonomis serta bebas pungli. (Jb)