Metropolis

Inovasi 'Sagu Mandah' Hadir untuk Optimalkan Pelayanan Publik

INHIL, RIAULINK.COM - Pembangunan daerah menjadi tugas pokok yang wajib dilaksanakan baik dari tingkat provinsi, kabupaten, kecamatan sampai dengan tingkat kelurahan dan desa. 

Camat Mandah, Ns. Matzen S.KM M.Si M.Kes mengatakan bahwa yang menjadi aspek dalam pembangunan kecamatan terdiri dari beberapa bidang yaitu Bidang pemerintahan, Desa dalam suatu wilayah kecamatan, Ekonomi, Sosial budaya, Pembangunan Masyarakat Desa, keamanan dan ketertiban wilayah. 

 

"Dalam pelaksanaan pembangunan tersebut tentu dibutuhkan koordinasi dan kerja sama yang baik dari semua aspek pemerintahan dalam suatu wilayah kecamatan. Setiap individu maupun kelompok-kelompok dalam masyarakat memiliki peran aktif yang sangat mempengaruhi dalam melakukan kontrol untuk menunjang kinerja pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan karena Pembangunan yang sudah direncanakan ditingkat kecamatan oleh aparat Pemerintah kecamatan sering tidak berjalan sebagaimana diharapkan," Kata Matzen kepada Riaulink.com, Kamis (29/07/2021).

 

Lanjutnya, Matzen menjelaskan bahwa Keikutsertaan semua pihak dalam pembangunan daerah di kecamatan sangat diperlukan, oleh karena itu bagaimanapun pula potensi daerah yang dimiliki jika aparat pelaksanaan kurang memahami keterpaduan pembangunan, dengan sendirinya tujuan pembangunan kecamatan juga tidak akan tercapai sebagaimana yang rencanakan. Penyusunan perencanaan perlu dilakukan dengan analisis yang baik serta pengawasan atau monitoring terhadap semua kegiatan dalam proses pembangunan daerah. 

 

"Namun untuk melakukan monitoring secara keseluruhan pada semua bidang pembangunan daerah kecamatan tentu membutuhkan kerja sama yang baik dari pemerintah kecamatan, kelurahan, desa, RT, RW dan lembaga pemerentah kecamatan terkait. Agar tetap terjaga koordinasi yang baik dari setiap lini, maka dibutuhkan keterbukaan informasi dan system yang saling terintegrasi antar semua aspek dalam pemerintahan kecamatan. Jika telah terwujud system yang terintegrasi dan keterbukaan informasi tentu akan mempermudah dalam melakukan monitoring pembangunan daerah," Jelasnya.

 

Tambahnya, Matzen menjelaskan bahwa dalam rangka meningkatkan program pembangunan daerah dan optimalisasi pelaksanaan fungsi pelayanan publik di Kecamatan, maka Kecamatan Mandah Kabupaten Indragiri Hilir membuat sebuah terobosan pelayanan publik berbasis Digital dengan Nama "INOVASI SAGU MANDAH (Inovasi Sistem Akuntabilitas Guna Untuk Masyakat Lebih Mudah)".

 

"Sagu Mandah merupakan sebuah inovasi Pelayanan Publik berbasis digital dalam bentuk Website Resmi Kecamatan Mandah. Website ini berfungsi mempermudah pelayanan publik dengan mengintegrasikan urusan pelayanan publik masyarakat dan Pemerintahan Desa secara elektronik, dengan mengusung Pelayanan Publik yang Efektif, Efsien, Transparansi dan Akuntabel," Jelasnya.

 

Matzen juga mengatakan bahwa dengan adanya Inovasi Sagu Mandah ini, Masyarkat tidak lagi harus datang kekantor Kecamatan jika ingin meminta Pelayanan Publik, Masyarakat cukup dengan mengakses Website Resmi Kecamatan Mandah yang telah menyediakan berbagai Produk Layanan Publik yang diminta, dan masyarakat dapat mengikuti panduan-panduan yang telah disediakan di Website tersebut. 

 

"Begitu juga untuk Layanan Publik di Desa dan Kelurahan yang ada di Kecamatan Mandah juga sudah ada menu layanan publiknya di Website tersebut," Ungkapnya.

 

Terakhir, Matzen menjelaskan ada beberapa Tujuan dan Manfaat Inovasi Sagu Mandah ini diantaranya Mewujudkan Pelayanan Publik yang Efsien, Efektif, Akuntabel dan bebas Pungli di Kecamatan Mandah. Memberikan kemudahan bagi Masyarakat dalam memperoleh Informasi Pelayanan Publik di Kecamatan Mandah melalui Website Resmi Kecamatan Mandah. 

 

Sebagai Informasi, Hasil dari Inovasi Sagu Mandah berupa :

1. Produk Layanan Publik Kecamatan Mandah Kabupaten Indragiri Hilir Berbasis Digital melalui Inovasi Sagu Mandah (Inovasi Sistem Akuntabilitas Guna Untuk Masyakat Lebih Mudah). 

2. Website Resmi Kecamatan Mandah Kabupaten Indragiri Hilir sebaghai Media Pendukiung Pelaksanaan Inovasi Sagu Mandah melalui Link : www.mandahmz.com 

3. Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelayanan Inovasi Sagu Mandah (Inovasi Sistem Akuntabilitas Guna Untuk Masyakat Lebih Mudah) Kecamatan Mandah Kabupaten Indragiri Hilir. (Jb)