Kesehatan

Gubri: RS Darurat Covid-19 Akan Segera Beroperasi

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Gubernur Riau, Syamsuar mengatakan sejauh ini operasional rumah sakit darurat Covid-19 masih digesa. Pemprov Riau sebelumnya telah menetapkan lantai 1 asrama haji Riau sebagai rumah sakit darurat untuk penanganan pasien Covid-19.

“Hari ini sudah mulai memasang pipanisasi oksigen. Sejauh ini, untuk oksigen di Riau tak ada masalah. Kita juga sudah memberikan bantuan oksigen ke Sumbar. Kami juga mengagendakan untuk peninjauan lokasi hari ini,” kata Syamsuar di Pekanbaru, Kamis (29/7/2021)

Syamsuar menambahkan, sejauh ini proses pengerjaan dan persiapan agar asrama haji Riau segera difungsikan sebagai rumah sakit darurat tengah dikebut. Sayang, Syamsuar tidak bisa memastikan kapan rumah sakit ini akan dioperasionalkan.

Dia menambahkan, kehadiran rumah sakit darurat covid-19 di Riau hasil kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk dari industri farmasi dan industri penyedia oksigen di Riau. Rumah sakit ini akan dipakai untuk penanganan terhadap pasien covid-19 dengan gejala sedang dan ringan.

“Harapan kami rumah sakit ini segera beroperasi. RS ini hanya untuk merawat pasien bergejala sedang dan ringan. Sedangkan pasien covid-19 dengan gejala berat akan tetap mendapatkan perawatan di rumah sakit,” tuturnya.