Sosial

TNI AL Selatpanjang Berhasil Bentuk 6 Kelompok Binaan, Satu Sudah Berbadan Hukum

MERANTI, RIAULINK.COM - TNI_AL Posal Selatpanjang berhasil membentuk setidaknya 6 kelompok yang aktif di bidang budidaya dan tangkap. Salah satu Kelompok yang sudah terbentuk Sudah memiliki Badan Hukum.

Dari hasil yang ditelusuri oleh Wartawan belum lama ini, Kelompok yang menjadi Binaan Angkatan Laut (AL) yang memiliki berbadan hukum sudah terbentuk sejak tanggal 31 Mei 2018 lalu dengan Akta Notaris no:68 dan SK Menkumham RI dengan Nama Pantai Sejati Bersaudara, jalan Belibis desa Alahair Kecamatan Tebingtinggi. 

"Alhamdulillah kita sudah membentuk sebanyak 5 kelompok di bidang Budidaya dan 1 kelompok di bidang tangkap yang berdiri sejak tahun 2018 lalu dan kelompok tersebut sudah terbentuk sebelum saya bertugas disini, namun tetap kami gandeng untuk menjadi Binaan Angkatan Laut," kata Danposal Selatpanjang Letda laut S Jerry Hendra kepada Riaulink.com, (29/07/2021) siang.

Disampaikan Jerry, saat ini pihaknya masih menyusun beberapa persyaratan untuk membuat Proposal yang akan ditembuskan ke Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti. Selanjutnya, semua kelompok yang sudah terbentuk tetap aktif berkomunikasi serta seringkali tukar pikiran untuk menuju Program Pemerintah dan mensinkronisasikan Program Angkatan Laut.

"Kita meningkatkan di bidang Budidaya maupun tangkap dengan tujuan masyarakat akan merasakan setidaknya perubahan ekonomi mereka dan menyelamatkan jumlah Pengangguran yang ada. Maka giat tersebut seperti yang dibicarakan Bupati Meranti H Muhammad Adil belum lama ini sudah sejalan dengan Program Presiden RI," ujarnya.

Selain itu, pihak Posal Selatpanjang sangat perhatin dengan nasib nelayan dikarenakan alat tangkap kurang memadai dan pihaknya akan selalu berkoordinasi dengan pihak Dinas Perikanan untuk mencari solusinya.

Adapun Nama-nama Kelompok yang sudah terbentuk yakni, Kelompok Desa Insit Kecamatan Tebingtinggi Barat (Jalesveva), Kelompok Dorak Ujung Kecamatan Tebingtinggi (Jala Bahari) dan Kelompok desa Banglas jalan Pemuda Setia. Sementara untuk di Kecamatan Rangsang Barat desa Silalang Pasung Ada Kelompok bernama (Jala Armada) dan (Jaya Mahe). (Aldo)