Etika Ekonomi

Perjalanan Panjang UMKM Bangkit Lawan Pandemi Covid-19

Ilustrasi.net

Sejak awal tahun 2020, Indonesia mengalami pandemi covid-19 yang mengakibatkan pertumbuhan ekonomi global mengalami penurunan. Tidak dapat dipungkiri bahwa dengan adanya pandemi covid-19 ini perekonomian Indonesia sedang berada dalam tahap tidak stabil. Apalagi ini sangat berdampak terhadap para pengusaha UMKM dan restoran, terdapat 30 juta UMKM yang akhirnya gulung tikar dikarenakan tidak mampu bertahan menghadapi pandemi covid-19 ini. 

Belum tuntas dalam menghadapi pandemi covid-19, baru-baru ini pemerintah mengeluarkan kebijakan dengan menerapkan system PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) untuk membatasi pergerakan mobilitas masyarakat. Dengan adanya kebijakan ini, kemungkinan besar akan berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi. Dimana selama kebijakan tersebut dilakukan pembatasan kegiatan diberbagai sektor, mulai dari perkantoran, pendidikan, restoran, pusat perbelanjaan, wisata, transportasi, seni budaya, hingga sosial kemasyarakatan. Hal ini tentu berkaitan dengan etika ekonomi.

Itulah sebab kenapa etika ekonomi itu sangat penting bagi perekonomian masyarakat. Etika ekonomi adalah perilaku ekonomi yang mempunyai norma-norma dalam ekonomi baik secara pribadi, institusi serta dalam mengambil keputusan dibidang ekonomi. Supaya dapat terwujudnya ekonomi yang jujur dan dapat melahirkan persaingan sehat. Dan dapat mendorong terbentuknya kerja sama untuk membantu perekonomian yang lebih maju. Lantas bagaimana etika ekonomi yang harus dilakukan dimasa pandemi ini?

Salah satu adalah mampu beradaptasi dengan teknologi dengan perubahan approach penjualan dari luring menjadi daring (jual beli online) sehingga berpotensi terwujudnya market penjualan yang lebih besar dan dapat menjangkau calon pembeli yang lebih luas. Kemudian, bagi restoran ataupun UMKM lainnya yang mendapatkan pembatasan kapasitas dapat memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi pelayanan delivery order/takeaway. Dengan dibangunnya etika ekonomi di masa pandemi covid-19 diharapkan dapat membantu untuk berkembangnya usaha dengan memanfaatkan teknologi yang ada.

Penulis : Rifa Arvando dan Nur Vardila Putri
Dosen pembimbing : Agustiawan, SE., M.Sc., Ak

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Riau)