Opini

Pentingnya CSR Terhadap Pemberdayaan Perekonomian Masyarakat

Bisnis tidak terpisah dari etika, karena bisnis tidak bebas dari nilai-nilai. Juga bisnis merupakan bagian dari sistem sosial. 

Etika diartikan seperangkat prinsip moral yang membedakan baik dan buruk. Etika berperan menentukan apa yang harus dilakukan atau tidak dilakukan oleh seorang individu. 

Penyebaran wabah Covid-19 di Kota Pekanbaru terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Kebijakan Pemerintah Kota Pekanbaru menutup pusat-pusat keramaian dan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) dan dalam waktu dekat ini pemerintah juga melakukan Pemberlakuan Pembatasan kegiatan Masyarakat (PPKM) di beberapa kecamatan untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19 sangat berdampak terhadap perekonomian masyarakat. Masyarakat tentu sangat mengharapkan adanya kontribusi yang nyata dari Pemerintah dan juga pelau bisnis yang ada di sekitar tempat tinggal mereka. 

Pelaku bisnis perlu melakuan CSR karena itu merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap perusahaan dalam rangka menciptakan hubungan yang baik antara perusahaan dengan masyarakat.

Dalam rangka menjaga efektivitas pelaksanaan Peraturan Daerah Provinsi Riau Nomor 6 Tahun 2012 tentang Tanggung Jawab Sosial Perusahaan di Provinsi Riau, maka dibutuhkan adanya pengawasan yang intensif dari pemerintah. Program CSR sebenarnya bukan hanya bermanfaat bagi masyarakat, melainkan juga bermanfaat untuk membentuk citra perusahaan apabila dikemas dengan publikasi yang tepat.


Penulis :  Silvia Fatimah
Dosen Pengampu : Bapak Agustiawan, S.E., M.Sc., Ak

(Mahasiswi Program Studi Akuntansi, 
Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Muhammadiyah Riau)