Lingkungan

55 Hotspot Terpantau di Riau, Terbanyak di Rohil

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat adanya kenaikan titik panas atau hotspot di Provinsi Riau, Rabu (21/7/2021).

"Hari ini titik panas terpantau 55 titik. Jumlah ini memang jauh meningkat dibandingkan dengan hari sebelumnya," ujar Forecaster On Duty BMKG stasiun Pekanbaru Anggun.

Ia mengatakan, titik panas tersebar di 6 wilayah dengan sebaran terbanyak itu berada di Kabupaten Rokan Hilir yakni mencapai 47 titik.

"Selanjutnya ada di Bengkalis, Dumai dan Indragiri HIlir masing-masing 2 titik. Kemudian di Kabupaten Siak dan Indragiri Hulu masing-masing satu titik," ungkapnya.

Dikatakan Anggun, dari 55 titik tersebut, satu titik berada di level tinggi. Hal ini bisa diartikan di wilayah tersebut dipastikan ada aktivitas kebakaran hutan dan lahan.

"Lokasinya berada di Kabupaten Rokan Hilir, tepatnya di Kecamatan Kubu," cakapnya.

Sementara untuk 54 titik lainnya berada di level rendah dan sedang. Rinciannya 5 titik di level rendah dan selebihnya berada di level sedang.

"BMKG terus mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan," sebutnya.

Suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 – 33.0 °C dengan kelembapan udara 50 – 97 %. Sementara arah angin berhembus ke arah Tenggara – Barat Daya dengan kecepatan 05 – 27 Km/jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.01 – 0.5 meter.