Peristiwa

Harimau Sumatera Muncul di Wilayah Indragiri Hilir

Tangkapan layar video harimau sumatera di Desa Tanjung Simpang, Kecamatan Pelangiran, Inhil Riau (dok BBKSDA Riau)

INHIL, RIAULINK.COM - Seekor Harimau Sumatera diketahui muncul di wilayah Indragiri Hilir. Kemunculan Satwa langka nan dilindungi tersebut berhasil direkam oleh pekerja kebun sawit PT Riau Indo Agro (RIA).

Dari rekaman video para pekerja tersebut, tampak satwa yang bernama latin Panthera Tigris Sumatrae itu tengah berjalan di pinggir parit seakan membuntuti para pekerja yang menggunakan mobil tersebut. Belakangan video yang viral itu diketahui direkam pada Juni lalu.

Kendati demikian, BBKSDA Riau tak menampik adanya kemunculan harimau sumatera di wilayah tersebut. Hal itu dibuktikan dengan adanya dua video berdurasi 14 detik dari kamera trap miliknya.

Dalam video tersebut tampak jelas satwa dilindungi itu muncul tepat di depan kamera. Bahkan terlihat pula dua ekor anakan yang berjalan bersamaan harimau dewasa itu.

Kepala Balai BKSDA Riau, Suharyono memastikan bahwa harimau yang muncul itu adalah indukan dan berjenis kelamin betina.

"Harimau yang direkam pekerja itu sama persis dengan tangkapan kamera trap kita. Namun itu bukan di Dumai tapi di wilayah Indragiri Hilir tepatnya di wilayah Green Belt di Desa Tanjung Simpang, Kecamatan Pelangiran. Ini lanscape Kerumutan," kata Suharyono, Senin (19/7) melalui keterangan resmi kepada media. 

Suharyono mengatakan video harimau dan 2 anakan terekam kamera pada April lalu. Diperkirakan usia anakan saat itu berusia sekitar 2 bulan. Artinya saat ini anakan harimau itu sudah berusia 5 bulan.