Metropolis

Ruas Jalan Provinsi Inhu-Inhil Rusak, Gubri: Anggaran Sudah Ada, Tahun Ini Kita Perbaiki

INHU, RIAULINK.COM - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar meninjau beberapa ruas jalan provinsi di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) dan Indragiri Hulu (Inhu) yang mengalami kerusakan. 

Beberapa ruas jalan provinsi yang ditinjau Gubernur diantaranya jalan lintas Tempuling-Teluk Kiambang di Desa Mumpa, Kecamatan Tempuling. Kemudian jalan lintas Rengat-Tembilahan tepatnyan di Kuala Cenaku. Selanjutnya jalan provinsi di Kota Rengat. 

"Kami sudah melihat ruas jalan provinsi yang rusak. Jalan rusak ini akan segera kita perbaiki," kata Gubri, Kamis (15/7/2021). 

Dia mengatakan, dari beberapa ruas yang ditinjau, jalan lintas Rengat-Tembilahan di Kuala Cenaku yang sedikit parah. Dimana jalan amblas karena aabrasi air sungai Indragiri. 

"Jalan yang rusak ini Insya Allah tahun ini kita perbaiki, anggarannya sudah kita siapkan. Makanya tadi langsung kita bawa PPTK dan UPT yang menangani ruas jalan wilayah Inhu-Inhil agar pekerjaannya bisa selesai tahun ini," terangnya. 

Lebih lanjut Gubri menyatakan, kerusakan jalan provinsi di dua kabupaten itu diakibatkan truk kelebihan muatan atau ODOL. 

"Untuk mengatasi truk-truk yang kelebihan tonase ini kita sudah lakukan koordinasi dengan balai Kementerian Perhubungan, agar kiranya kendaraan ODOL itu dipotong," ujarnya. 

Disamping itu, Gubri juga berharap partisipasi masyarakat agar kiranya jika jalan sudah diperbaiki untuk menjaganya. 

"Seperti tadi kita lihat jalan Desa Mumpa, masyarakat membuat semacam portal. Kami senang melihat masyarakat yang ikut memelihara jalan di wilayah kampungnya agar tidak rusak akibat truk kelebihan muatan," tukasnya.

Dalam tinjauannya Gubri didampingi Ketua DPRD Riau Yulisman, Kepala Dinas PUPR-PKPP Riau M Taufiq OH, dan Kepala UPT PUPR-PKPP Riau dan pejabat terkait lainnya.