Metropolis

Tunaikan Janji, Pembangunan Jembatan Tambak Resmi Dimulai

PELALAWAN, RIAULINK.COM - Jembatan Tambak yang terletak di Desa Tambak, Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan kondisinya sangat mengkhawatirkan. Jembatan tersebut diperkirakan sudah berumur puluhan tahun, terlihat jelas dari kayu-kayu sebagai material jembatan yang sudah mulai lapuk dimakan usia.

Semasa Bupati Harris, jembatan tersebut rencananya akan dibangun kembali oleh pemerintahan daerah Kabupaten Pelalawan, namun beberapa kali dianggarkan selalu saja gagal dengan berbagai alasan. Hingga masa jabatan Bupati Harris selesai, pembangunan jembatan tersebut belum juga terlaksana.

Bagi Bupati Zukri yang biasa disapa bang Kri, jembatan tersebut mempunyai sejuta kenangan, karena disanalah pertama kali ia menyatakan diri atau mendeklarasikan untuk maju bertarung di Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Pelalawan 2020.

Dalam pernyataannya ketika itu dihadapan  warga yang menyaksikan, bang kri berjanji akan memprioritaskan pembangunan jembatan Tambak bila terpilih menjadi Bupati Pelalawan.

Kini janji tersebut telah dipenuhi, jembatan yang menghubungkan Desa Tambak dan Desa Bakung, dan menjadi salah satu akses alternatif menuju Kabupaten Kampar mulai dibangun. Pemasangan tiang pancang jembatan telah dilakukan oleh Bupati Zukri Misran sekaligus dihadiri oleh mantan Bupati HM Harris, Kamis (24/06/2021).

Kehadiran mantan Bupati Pelalawan 2 periode HM Harris dalam acara itu sangat diapresiasi oleh warga. Itu menandakan bahwa pergantian kepemimpinan tidak selamanya menjadikan hubungan keduanya merenggang.

Apalagi pembangunan jembatan Tambak ini tak terlepas dari peran mantan Bupati HM Harris semasa menjabat. Itu menandakan estafet pembangunan Kabupaten Pelalawan berjalan dengan baik.

Bang Kri telah menepati janjinya, namun ia tak menampikkan peran besar HM Harris sebagai pendahulunya dalam pembangunan jembatan tersebut.

Dalam sambutannya Bupati Zukri menyampaikan apresiasi kepada mantan Bupati HM Harris. Sebab menurutnya, Jembatan Tambak ini diprakarsai dan dianggarkan semasa beliau menjabat sebagai Bupati Pelalawan dan dirinya hanya sebagai pelaksana saja terhadap proyek pengerjaan Jembatan Tambak.

"Jadi itulah politik, macam mana politik itu masyarakat senang, politik itu macam mana pembangunan itu adil dan masyarakat itu sejahtera. Pembangunan itu harus adil, tanpa membeda-bedakan. Saat ini kita tak ada lagi membicarakan kalah menang", kata Zukri. 

Penulis : Anton Sikumbang