Opini

Eksistensi Kepemimpinan dalam Dunia Pendidikan

Ilustrasi.net

Jika berbicara perihal kepemimpinan, yang lumrah diketahui adalah bagaimana suatu kelompok berjalan dengan adanya seorang pemimpin. Dimana pemimpin dan anggota kelompok nya bersama-sama menjalankan visi dan misi untuk mencapai suatu tujuan bersama.

Maka didalam pendidikan, eksistensi kepemimpinan juga tak luput dari perhatian. Mari membahas eksistensi kepemimpinan di dalam pendidikan. Pertama, apa itu kepemimpinan pendidikan ?

Kepemimpinan pendidikan adalah suatu kemampuan dan proses mempengaruhi, membimbing, mengkoordinir, dan menggerakkan orang lain yang ada hubungannya dengan pengembangan ilmu pendidikan dan pelaksanaan pendidikan dan pengajaran, agar kegiatan-kegiatan yang dijalankan dapat lebih efisien dan efektif.

Contohnya bisa dilihat dari sebuah sekolah yang para warga nya (dalam hal ini majelis guru, staff, dan peserta didik) akan dipimpin oleh seorang kepala sekolah. Dimana kepala sekolah ini menjadi koordinator untuk semua warga sekolah tersebut menjalankan visi dan misi yang sudah dirancang bersama.

Kepemimpinan pendidikan berkewajiban untuk mengkoordinasikan ketenagaan pendidikan di lembaga pendidikan untuk menjamin teraplikasinya peraturan pada lembaga pendidikan. Dengan kata lain, tercapai atau tidak tujuan suatu organisasi sangat tergantung pada pimpinannya.

Yang kedua, perlu diketahui juga, bahwa ada nya sikap tertentu yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin dalam suatu organisasi. Tentunya sikap-sikap ini nantinya akan menjadi pengaruh besar terhadap anggota nya dan bagaimana tujuan organisasi itu akan tercapai.

Gaya kepemimpinan seorang pimpinan mampu mempengaruhi perilaku bawahannya dan memotivasinya agar mau bekerjasama serta bekerja secara produktif untuk mencapai tujuan organisasi.(Hasibuan, 2006 : 170).

Lalu apa sajakah sifat-sifat yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin ?
Seorang pemimpin haruslah bersikap rendah hati dan sederhana, suka menolong, sabar dan memiliki kestabilan emosi, percaya diri, jujur, adil, dapat dipercaya dan diandalkan, serta keahlian atau kepiawaian nya dalam memimpin.

Penulis: Citra Novita Laura, Ibmelia Azmi, dan Nur Azimah.

(Penulis merupakan mahasiswi semester 6 Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Riau)