Opini

Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pendidikan 

Ilustrasi.net

Pendidikan merupakan faktor yang paling utama dalam menciptakan kepribadian seseorang agar menjadi kepribadian yang lebih terarah. Pendidikan juga berperan penting pada kehidupan manusia dalam membentuk kepribadian yang baik maupun buruk yang berhubungan dalam sikap bertindak, bersikap, dan juga berfikir. 

Didalam pendidikan perlu adanya sebuah pemimpin agar pendidikan dapat berjalan dengan lancar dan juga terarah. Pemimpin merupakan seseorang yang diberi kepercayaan untuk mengelola suatu tataan baik itu negara, sekolah, maupun organisasi. 

Kepemimpinan pendidikan merupakan suatu kemampuan yang bertujuan untuk menggerakkan pelaksanaan pendidikan sehingga tujuan pendidikan yang telah di tetapkan oleh negara dapat tercapai secara efektif dan efisien sehingga pendidikan di indonesia akan lebih maju dengan merata.

Sebuah lembaga pendidikan yaitu sekolah merupakan sebuah penentu keberhasilan pendidikan serta wadah untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Kepala sekolah adalah pemimpin tertinggi di sekolah yang memegang peranan penting sebagai penentu dan pengambil kebijakan tertinggi di sekolah, sebab kepemimpinan kepala sekolah dapat dalam mempengaruhi, mendorong, membimbing, mengarahkan dan mengerakkan guru, staf, siswa, orang tua siswa dan pihak lain yang terkait untuk bekerja berperan serta guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan (depdikbud, 1999). 

Keberhasilan tujuan sebuah sekolah juga tidak akan berhasil tanpa bantuan guru, komite, orang tua murid serta masyarakat setempat. Walaupun bantuan dari beberapa pihak tetap kepala sekolah yang harus mengambil segala keputusan dan kebijakan jika ditemukan hambatan dan kekurangan dalam mencapai tujuan sekolah.

Kepala sekolah dalam kepemimpinannya harus memiliki bekal yang cukup matang untuk memimpin bawahannya, memiliki wibawa yang kuat, memiliki loyalitas yang cukup baik, memiliki pemahaman yang luas tentang cara memimpin yang baik serta tegas dalam pengambilan berbagai keputusan. Untuk hal tersebut, maka sebelum kepala sekolah dilantik menjadi pemimpin disebuah sekolah perlu diadakan pelatihan kepemimpinan untuk bekal menjadi pimpinan yang baik. 

Kepala sekolah memiliki gaya kepemimpinan yang berbeda disetiap kepemimpinannya, ada yang otoriter, ada yang loyal, ada yang cuek dan sebagainya. Gaya kemimpinan kepala sekolah tersebut dapat berpengaruh terhadap kinerja bawahan serta sekolah yang dipimpinnya, maka dari itu kepala sekolah harus dapat menyesuaikan gaya kemimpinannya dengan melihat bawahan serta lingkungan sekolahnya, agar hal ini tidak mengganggu keberhasilan dari tujuan sebuah lembaga sekolah.

Pada dasarnya kepala sekolah dalam pemimpinannya, pertama perlu mendapatkan pelatihan khusus tentang kepemimpinan sebelum menjadi kepala sekolah, dalam hal ini pemerintahlah yang harus memperhatikan agar keberhasilan kepala sekolah dalam memimpin dapat merata di seluruh Indonesia. Selain itu kepala sekolah harus dapat menetapkan tujuan yang tepat untuk sekolahnya yang dapat menunjang keberhasilan sekolah. 

Kepala sekolah yang baik harus dapat bekerjasama dengan semua pihak sekolah baik di dalam maupun di luar sekolah. Bekerjasama dengan cara menjadi panutan yang baik bagi bawahannya dengan menerapkan gaya kepemimpinan yang baik yang dapat diterima oleh orang banyak dan menunjukkan loyalitas yang tinggi.

Penulis : Nurul Fajri, Riki Apriadi, Rizka Salsabila

(Mahasiswa semester 6, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Riau)