Metropolis

Pemkab Meranti Targetkan Penambahan 6 Poli Baru

MERANTI, RIAULINK.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti terus berupaya meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat di kabupaten termuda di Riau, salah satu yang menjadi fokus adalah pelayanan kesehatan di RSUD Kepulauan Meranti. 

Untuk itu, ditargetkan tahun ini (2021) rumah sakit plat merah itu sudah memilki 6 Poli baru plus dokter spesialis beserta peralatan medis yang siap melayani pasien sakit Jantung, Syaraf, Mata, THT, Rehabilitasi Medik, dan Paru-Paru.

Hal itu terungkap dalam rapat koordinasi Bupati Haji Muhammad Adil SH dengan jajaran dokter dan pejabat di RSUD Kepulauan Meranti yang turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Dr H Kamsol MM dan Kabag Hukum Setdakab Meranti, Sudandri Jauzah SH, Kabag Prokopim Meranti, Rudi MH, bertempat di ruang Direktur RSUD Kepulauan Meranti, Senin (14/6/2021).

Dalam pertemuan itu, Bupati Adil menyampaikan keinginannya untuk menjadikan RSUD Kepulauan Meranti sebagai rumah sakit rujukan di Provinsi Riau. Untuk mewujudkannya perlu dilakukan peningkatan layanan yakni dengan penambahan 6 poli (Jantung, Syaraf, Mata, THT, Rehabilitasi Medik, Paru-paru) yang siap dilayani oleh para dokter spesialis.

Seperti diketahui saat ini RSUD Meranti sudah memiliki 6 Poli yakni Poli Kandungan, Bedah Umum, Penyakit Dalam, Poli Anak dan Labor, dengan dilakukannya penambahan Poli Jantung, Syaraf, Mata, THT, Rehabilitas Medik dan Paru yang akan ditangani oleh para dokter spesialis masyarakat Meranti tidak perlu lagi berobat keluar seperti yang terjadi selama ini.

Bupati Adil menargetkan tahun ini 6 Poli baru tersebut sudah buka di RSUD Kepulauan Meranti dan siap melayani masyarakat secara gratis. Karena kedepan bagi masyarakat Meranti yang tidak memilki kartu BPJS berobat cukup menggunakan KTP saja sesuai kesepakatan antara Pemkab Meranti dengan BPJS baru-baru ini.

"Kita tergetkan tahun ini jalan, APBD-P nanti akan kita proses," ucap Bupati Adil. 

Ia optimis program yang menjadi Visi Misi Bupati-Wakil Bupati H Muhammad Adil-H Asmar itu dapat berjalan tahun ini karena yang menjadi kendala yakni tenaga dokter spesialis sudah selesai.

"Kita telah melakukan komunikasi dengan beberapa Universitas ternama di Indonesia Universitas Padjajaran (UNPAD), Universitas Diponegoro (UNDIP), untuk tenaga dokter spesialis sudah clear tinggal didatangkan saja," ucap Bupati Adil. 

Begitu juga menyangkut peralatan medis yang akan digunakan oleh para dokter spesialis dalam penanganan penyakit pasien.

"Untuk peralatan kita juga sudah menjalin kerjasama, tinggal didatangkan saja," ucapnya lagi.

Nantinya dengan telah dilakukannya penambahan 6 Poli baru tersebut, diharapkan status RSUD Meranti meningkat dari Rumah Sakit Type C menjadi Type B. Dan RSUD Meranti bukan saja mampu melayani seluruh keluhan penyakit masyarakat tapi juga akan menjadi rumah sakit rujukan di Provinsi Riau. 

"Saya ingin semua keluhan penyakit masyarakat bisa ditangani di RSUD Kepulauan Meranti, dan kedepan dapat menjadi rumah sakit rujukan bagi semua warga Riau dan daerah lainnya," harapnya. (Aldo).