Lingkungan

6 Helikopter Disiagakan Antisipasi Karhutla Riau

Ilustrasi. Helikopter memadamkan Karhutla/Int

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Satuan Tugas (Satgas) kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Provinsi Riau terus mengantisipasi terjadinya kebakaran di kabupaten/kota di musim panas.

Salah satunya adalah mensiagakan enam helikoter bantuan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk pattoli dan water bombing.

Demikian disampaikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, M Edy Afrizal kepada CAKAPLAH.com, Ahad (12/6/2021) di Pekanbaru.

"Untuk antisipasi Karhutla dimusim panas ini kita sudah standby-kan enam helikopter bantuan BNPB. Lima heli kita siapkan untuk water bombing, dan satu heli untuk patroli," katanya.

Selain helikopter, lanjut Edy Afrizal, Satgat Karhutla Darat juga terus mengantisipasi terjadinya kebakaran di daerah rawan Karhutla, dengan melakukan patroli rutin.

"Kita berharap masyarakat juga sama-sama mengantisipasi. Jangan membuka lahan dengan cara membakar, yang menyebabkan kabut asap. Kita tak bisa bayangkan dimasa pademi Covid-19, banyak kabut asap," imbuhnya.