Lingkungan

BPBD Riau Pantau 12 Titik Hotspot

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat adanya 64 titik panas atau hotspot di Sumatera, 12 titik diantaranya berada di Provinsi Riau, Jumat (11/6/2021). 

Untuk 12 titik panas yang terpantau di Riau tersebar di 8 wilayah diantaranya, di Pelalawan dan Indragiri Hilir masing-masing 3 titik. Kemudian Kabupaten Bengkalis, Siak, Kuantan Singingi, Rokan Hilir, Rokan Hulu dan Kota Pekanbaru masing-masing 1 titik. 

"Iya hari ini berdasarkan pantauan satelit BMKG ada 12 titik hotspot di Riau," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal, Jumat (11/6/2021). 

Edy Afrizal mengatakan, pihaknya sudah menerbangkan helikopter patroli untuk memantau langsung hotspot di delapan daerah itu. Apakah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) atau tidak. 

"Kita sudah terbangkan helikopter patroli ke titik panas tadi pagi. Kalau memang itu benar Karhutla kita akan kirim helikopter water bombing untuk pemadaman," terangnya. 

Disamping itu, untuk mengantisipasi Karhutla mengingat saat ini memasuki musim kemarau, pihaknya juga telah melakukan rapat koordinasi terkait rencana pelaksanaan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) dengan pemerintah pusat. 

"Rencananya tanggal 20 Juni besok pesawat TMC dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) datang ke Riau," tutupnya.