Metropolis

Gandeng Disdukpencapil, DPMD Inhil Gelar Bimtek Layanan Nasi Uduk

INHIL, RIAULINK.COM - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) bersinergi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Indragiri Hilir Menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Layanan Sederhana Sekali Urus Adminduk (Nasi Uduk) di Hotel Inhil Pratama Tembilahan, Kamis (10/10/2021).

Fahmi Yandri selaku panitia pelaksana menyebut bahwa bimtek tersebut diselenggarakan selama 5 hari yakni mulai hari ini hingga Selasa (15/06/2021).

"Bimtek Layanan Nasi Uduk ini digelar selama 5 hari dikuti oleh Perangkat Desa maupun Operator, dari 20 Kecamatan ada sebanyak 197 Desa/ Kelurahan yang terlibat," Sebutnya.

Sebagai panitia pelaksana, Yandri berharap semoga dengan terlaksananya Bimtek ini sistem pelayanan di setiap desa semakin meningkat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Inhil, Mizwar Efendi selaku narasumber menyebutkan tujuan bimtek ini dilakukan tidak lain adalah untuk mempermudah masyarakat mengurus dokumen kependudukan.

"Tujuannya tak ada lain adalah memberikan pengetahuan kepada registrasi desa agar bisa memberikan layanan maksimal dengan masyarakat, dengan tujuan untuk mempermudah dan mempercepat urusan masyarakat setempat," Sebutnya.

Lanjutnya, Mizwar menjelaskan bahwa sejauh ini program Nasi Uduk sudah di sosialisasikan ke 20 kecamatan serta beberapa desa lainnya. 

"Terimakasih kepada mitra kita DPMD Inhil yang telah melaksanakan kegiatan ini, kami dari Dukcapil diminta untuk mengisi materi tentang pelayanan kita yaitu Nasi Uduk yang mana saya rasa Nasi Uduk ini udah cukup populer dilingkungan kita. Alhamdulilah di 20 kecamatan sudah berjalan, hanya saja masih ada beberapa desa yang belum, kita coba menawarkan, ini bukan perintah dari kami, tapi ini perintah Bupati, sesuai dengan amanah UU yang dijembatani DPMD," Jelasnya.

Disamping itu, Kadis DPMD Inhil Budi N Pamungkas saat diwawancarai media berharap semoga dengan terlaksananya Bimtek ini kepengurusan masyarakat menjadi lebih mudah.

"Selagi untuk masyarakat kita siap untuk bersinergi, mudah-mudahan kedepan ini akan menjadi lebih baik lagi," tutupnya. (Jb)