Metropolis

Pemko Dumai Minta Perpanjang Waktu Peminjaman Excavator Ampibi ke BWSS III

Keterangan foto : Wali Kota Dumai Paisal saat memperlihatkan proses normalisasi Sungai Dumai kepada Kepala BWSS III, Ir Sahril

DUMAI, RIAULINK.COM - Salah satu program prioritas Wali Kota Dumai Paisal bersama Wakil Wali Kota Dumai, almarhum Amris adalah membenahi infrastruktur khususnya dalam penanganan banjir.

Pada upaya penanganan banjir tersebut, Pemko Dumai melakukan normalisasi sungai dan pembangunan embung di kawasan Bukit Cahaya, Kelurahan Bumi Ayu, Kecamatan Dumai Selatan dan Taman Danau Wisata Bunga Tujuh, Kelurahan Bukit Batrem, Kecamatan Dumai Timur.

Untuk mempermudah pelaksanaan tersebut, Pemko Dumai berinisiatif melakukan pinjaman alat berat  excavator jenis Ampibi kepada Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) III .

Pada pelaksanaannya, normalisasi Sungai Dumai yang dilakukan Pemko Dumai melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Dumai sudah terealisasi sepanjang 5 kilometer dengan pencapaian target sepanjang 11 kilometer.

Hal ini ditinjau langsung oleh Kepala BWSS III, Sahril beserta rombongan belum lama ini. Kedatangan rombongan kala itu disambut langsung oleh Wali Kota Dumai Paisal didampingi Kepala Dinas PUPR Kota Dumai Zulkarnain. 

Dimana sebelumnya Sahril melakukan rapat bersama Pemko Dumai terkait pengerjaan normalisasi Sungai Dumai dan pembangunan embung, berjalan lancar.

Selain itu Paisal juga meminta perpanjangan waktu peminjaman excavator Ampibi kepada Sahril. Pasalnya penyelesaian pengerjaan normalisasi Sungai Dumai tersebut sepanjang 6 kilometer lagi diperkirakan akan selesai eksekusi  kurang lebih dua bulan ke depan. 

Ia juga tak lupa menyampaikan rasa terimakasihnya kepada BWSS III yang bersedia membantu Pemko Dumai dalam mengatasi banjir di kota pelabuhan ini.

"Semoga dengan adanya langkah normalisasi sungai ini bisa memberikan dampak signifikan dalam mengatasi banjir Kota Dumai,"ucap dia berharap.

Ia pun meminta kepada masyarakat Dumai agar tidak lagi membangun jamban di bibir sungai karena itu bisa menghambat aliran sungai. 

"Dan yang paling terpenting jangan membuang sampah ke sungai,"tutup dia.(kll)