Metropolis

Begini Cara Posal Selatpanjang Mendorong dan Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

MERANTI, RIAULINK.COM - Pos TNI AL (Posal) Selatpanjang turut berperan dalam pembinaan masyarakat yang berada di wilayah pesisir, sehingga mampu mendorong peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Salah satunya mendukung Pemerintah Daerah Kepulauan Meranti dalam mensukseskan 'Kampung Kakap Putih' yang merupakan program nasional yang dilaksanakan di kabupaten termuda di Riau itu.

Personel Posal Selatpanjang yang dikomandoi Letda Laut (S) Jerry Hendra melakukan kegiatan gotong-royong (Goro) dengan nelayan Desa Insit, Kecamatan Tebingtinggi Barat, Kepulauan Meranti dalam pemasangan Cerocok Gumbang (alat tangkap ikan).

Kegiatan yang berlangsung pada Jumat (4/6/2021) dan Sabtu (5/6/2021) siang itu juga dihadiri oleh Paspotmar Lanal Dumai Letda Laut (KH) Yustine dan Babinpotmar Posal Selatpanjang, Serma Kom Zulfakri serta belasan nelayan asal Desa Insit.

Terlihat dilapangan, dengan bersama-sama serta Yel-yel, Jales Veva Jaya Mahe Justru Di Laut Kita Jaya membuat semangat dan kebersamaan menjadi sebuah keluarga yang baru terbentuk.

Dari pantauan Wartawan dilapangan, Danposal Selatpanjang Letda Laut (S) Jerry Hendra bersama Paspotmar Lanal Dumai Letda Laut (KH) Yustine dan Babinpotmar Posal Selatpanjang, Serma Kom Zulfakri serta belasan nelayan asal Desa Insit bersama-sama melakukan pemasangan tiang Cerocok Gumbang di sekitaran laut Desa Insit. 

"Kita dari Angkatan Laut upayakan pembuatan keramba untuk meningkatkan ekonomi masyarakat setempat (Desa Insit). Setelah kerambanya jadi kita juga akan minta dukungan dan bantuan dari Pemkab Meranti untuk membantu bibitnya dan masyarakat setempat yang akan mengelolanya," ujar Letda Jerry Laut (S) Hendra disela-sela membantu pemasangan tiang Cerocok Gumbang bersama sejumlah nelayan. 

Dijelaskan Jerry, Gumbang yang akan dipasang untuk menangkap ikan sebagai makanan bibit ikan yang ada dalam keramba nantinya, dan ada 2 kantong Gumbang yang akan disiapkan. 

"Kedepannya kita akan mengajukan ke Lanal Dumai untuk Kampung Tangguh Bahari desa Insit, akan kita sampaikan jumlah penduduk disitu apakah layak atau tidak nantinya," jelasnya. 

Dibeberkan Jerry, masyarakat setempat menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan, bahkan ikut bergotong-royong tanpa mengharapkan upah. 

"Masyarakat merespon dengan baik, mereka mau bergotong-royong dan tidak ada upah, kita hanya membantu makanan dan rokoknya. Sipat gotong-royong mereka luarbiasa, saya salut. Kedepannya mudah-mudahan kita sukses untuk budidaya Ikan Kakap di Kabupaten Kepulauan Meranti," ungkapnya. (Aldo).