Metropolis

Baru Hitungan Hari Usai Diperbaiki, Ruas Jalan Rengat - Pematang Reba Kembali Rusak

INHU, RIAULINK.COM - Ruas jalan provinsi yang menghubungkan Kecamatan Rengat dan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, kembali rusak.

Pantauan RiauLink.com di lokasi, selain bergelombang, pada ruas jalan itu juga ditemukan ratusan lobang yang menganga, seakan siap mencelakai setiap pengendara yang melintas, terutama pengendara sepeda motor.

Kerusakan tersebut terlihat, di depan kantor BPJS Kesehatan Pematang Reba, depan masjid miftahul jannah, areal somel, antara jembatan 1 dan 2, dan antara jembatan 2 dan 3 Kecamatan Rengat, hingga jelang pos tugu lima Rengat.

Dan kerusakan ruas jalan utama yang menghubungkan antara Ibukota Kabupaten Inhu (Rengat), dengan pusat perkantoran Pemkab Inhu (Pematang Reba) itu, seakan tidak masuk akal lantaran harus selesai dilakukan perbaikan.

"Tidak masuk akal memang. Setiap tahun dilakukam perbaikan, namun tak pernah bagus. Lagian, perbaikan yang dilakukan hanya sebatas tambal sulam, bukan pengaspalan secara menyeluruh," kata salah seorang pengendara, Donal (31), warga Rengat Barat kepada RiauLink.com, Rabu (2/6/2021).

Seperti perbaikan yang dilakukan saat ini, baru selesai sebelum perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 H / 2021 kemaren, sekarang sudah kembali rusak. 

"Masak belum satu bulan sudah kembali rusak. Itu aspal atau plastik yang mereka pasang pada ruas jalan itu," ketus Donal.

Jika diperhatikan secara kasat mata lanjut Donal, mutu aspal yang digunakan oleh rekanan kontraktor yang mengerjakan proyek pemeliharaan ruas jalan itu, diduga kuat tidak memenuhi standar.

Akibatnya, baru beberapa minggu selesai dipasang, aspal tambal sulam tersebut langsung mengelupas dan pecah. Hal ini, harusnya menjadi perhatian khusus Dinas PUPR Riau selaku pihak yang bertanggungjawab atas Perbaikan ruas jalan tersebut, tutup Donal. 

Hal serupa juga dikeluhkan salah seorang pengendara sepeda motor, Wati (31), warga Pematang Reba. Wati mengaku, beberapa waktu lalu dirinya nyaris celaka akibat banyaknya lobang yang menganga pada ruas jalan tersebut.

"Dua hari lalu, saya hampir jatuh disini akibat banyaknya lobang pada ruas jalan ini. Ditambah lagi, saat itu hari hujan, dan lobang yang ada tertutup air," ujarnya.

Dengan demikian, sebagai pengendara dirinya berharap pada dinas terkait agar dapat melakukan perbaikan kembali ruas jalan Rengat - Pematang Reba itu. 

"Masak baru selesai diperbaiki sudah rusak lagi. Harusnya diperbaiki bukan malah dibiarkan," singkat ibu satu anak itu," (Jefri)