Kesehatan

50 Ribu Dosis Vaksin Sinovac Untuk Masyarakat Dumai 

Keterangan foto : Wali Kota Dumai Paisal mengikuti vaksinasi yang dilakukan oleh Dr Hafidz Permana

DUMAI, RIAULINK.COM - Pemerintah Kota Dumai telah menerima 50 ribu dosis Vaksin Sinovac dari Pemerintah Pusat melalui Gubernur Riau, Syamsuar pada Minggu, 23 Mei 2021 akhir pekan lalu. 

Penyerahan itu berlangsung di Puskesmas Purnama, Jalan Dokter Wahidin, Kecamatan Dumai Barat oleh Gubri kepada Wali Kota Dumai, Paisal berupa bentuk barang di antaranya 50 unit Oximeter sebanyak 5,5 liter, 10 unit Coolbox sebanyak 2,2 liter dan 70 pcs ice gel pack.

Nantinya sasaran vaksin ini akan ditujukan ke masyarakat umum, minimal berusia 18 tahun ke atas, kepada lansia yang rentan terpapar Covid-19, dan terutama kepada pelayan publik baik itu ASN, TNI dan Polri Kota Dumai. 

Menurut dia ini dilakukan agar target 50 ribu dosis vaksin itu tercapai, apalagi kondisi pandemi saat ini, Dumai menjadi prioritas pusat terkait penanganan Covid-19.

Khusus kepada ASN dan non ASN, orang nomor satu ini menjadi percontohan sebagai orang yang pertama divaksin, bersama sang istri Reni Ramaini di Balai Sri Bunga Tanjung, Jalan Putri Tujuh Kecamatan Dumai Timur, Rabu, 26 Mei 2021 lalu.

Hal ini berkaitan dengan instruksi Presiden RI, Joko Widodo pada kunjungannya ke Riau, pada 19 Mei 2021 lalu. 

"Khusus kepada ASN dan non ASN, kita menginstruksikan selambatnya tanggal 30 Mei (Senin) sudah menerima datanya,"pesan dia menegaskan.

"Sesuai dengan peraturan MenpanRB seluruh pegawai negeri wajib divaksin. Untuk proses vaksinasi ini akan diabsensi, jadi akan tahu nantinya siapa saja yang belum divaksin dan sudah pasti akan disanksi sesuai aturan berlaku,"tegas dia.

Sedangkan kepada masyarakat, ia juga mengingatkan agar menyukseskan program Pemerintah Pusat dengan mengikuti vaksinasi massal sampai tanggal 7 Juni 2021 mendatang di tujuh fasilitas yang disediakan di antaranya kantor Camat Dumai Timur, Dumai Selatan, seluruh puskesmas di Dumai, RSUD Kota Dumai, Klinik Citra Medika, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan Klinik Parama Swatika Polres Dumai.

"Persyaratannya cukup dengan membawa KTP. Ayo mari kita lakukan vaksin. Jangan mudah percaya berita hoax terkait vaksin. Bahwasanya Vaksin Sinovac InsyaAllah aman dan halal,"tutup dia. (Kll)