Hukrim

'Piknik' ke Bukittinggi, Pemuda Asal Inhu Dibekuk Polsek Peranap, Ini Sebabnya..

Tersangka saat dieksekusi dari Bukittinggi menuju Polsek Peranap.

INHU, RIAULINK.COM - Niat hati ingin berleha-leha alias piknik ke objek wisata Jam Gadang Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), pemuda asal Kecamatan Peranap, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau ini malah diciduk polisi.

Pemuda yang diketahui berinisial, MHA (21) itu ditangkap bukan karena melanggar aturan larangan mudik lebaran atau protokol kesehatan, melainkan karena dijerat dalam kasus pencurian dengan pemberatan (curat).

Tersangka merupakan, pelaku pembobol gerai ponsel atau konter milik Elpa Uzen (23) yang ada di Kelurahan Peranap. Pelaku ditangkap pada, Rabu (19/5/2021) sore di Kota Bukittinggi, tepatnya di areal objek wisata Jam Gadang.

"Tersangka kita amankan saat bersantai di areal objek wisata Jam Gadang, Kota Bukittinggi. Tersangka merupakan pelaku pembobol konter milik korban atas nama, Elpa Uzen," kata Kapolres Inhu AKBP Efrizal melalui PS Paur Humas Polres Aipda Misran, Sabtu (22/5/2021).

Disebutkan Misran, sebelumnya pada Sabtu 15 Mei 2021 pukul 10.00 WIB lalu, korban datang ke Dunia Ponsel milik nya yang berada di jalan Jenderal Sudirman Peranap, setelah beberapa hari tidak dibuka karena libur Idul Fitri.

Saat membuka pintu, korban kaget saat melihat semua barang miliknya berantakan, dan ketika diperiksa korban menemukan banyak barang berharga miliknya yang hilang.
Diantaranya, 1 unit TV LCD 32 Inch, 1 unit kompor gas, rice cooker, 1 buah tabung gas 3 kg, 170 kartu paket internet berbagai operator, 10 unit power bank, 1 buah headset bluetooth, dan 1 jam tangan xiomi warna hitam.

"Pelaku masuk ke konter milik korban melalui pintu belakang, dengan cara merusak kunci yang terpasang di pintu," tutur Misran.

Atas hal itu sambung Misran, korban memutar rekaman kamera pengintai atau CCTV. Dalam rekaman  itu, korban melihat satu orang yang tidak dikenal masuk ke dalam konter ponsel miliknya, dan mengambil sejumlah barang berharga.

"Atas dasar itu, korban langsung melaporkan kejadian tersebut ke Mapolsek Peranap. Begitu menerima laporan, Kapolsek AKP Cecep Sujapar memerintahkan personil Unit Reskrim untuk melakukan penyelidikan dan penangkapan terhadap pelaku," bebernya.

Alhasil, ternyata pelaku itu juga merupakan warga Peranap yang diketahui berinisial MAH. Begitu dilacak keberadaannya, ternyata pelaku sudah melarikan diri ke Kota Bukittinggi.

"Tim langsung bergerak cepat, dan melakukan pengejaran. Dengan berkoordinasi dengan aparat kepolisian setempat, Unit Reskrim Polsek Peranap berhasil mengamankan pelaku di areal Jam Gadang. Usai dieksekusi, pada Jumat 20 Mei 2020, pelaku langsung dibawa ke Polsek Peranap untuk menjalani proses hukum," tutup Misran menjelaskan. (Jefri)