Serambi islam

Kemenag: Calon Jamaah Haji Inhil Harus Bersabar

INHIL, RIAULINK.COM -Meskipun Pemerintah Arab Saudi secara resmi telah mengumumkan bahwa tahun 2021 ini ada penyelenggaraan haji. Namun, kerajaan Saudi baru memastikan adanya penyelenggaraan haji, belum mengumumkan rencana operasionalnya, sehingga pemerintah dalam hal ini kementerian agama akan segera mengkoordinasikan terkait rencana operasionalnya.

Hal itu diungkap Kepala Kemenag Inhil, H. Harun melalui Kasi Haji dan Umroh, H. Guspiandi, S.Ag. MM kepada Riaulink.com, Selasa (18/05/2021).

"Pemerintah Arab Saudi secara resmi memang telah mengumumkan bahwa tahun ini penyelenggaraan haji akan dibuka, namun belum mengumumkan rencana operasionalnya. Oleh karena itu, kita khususnya Calon Jamaah Haji (CJH) asal Inhil masih harus bersabar menunggu informasi dan belum dapat memastikan akan berangkat tahun ini," Sebutnya.

Lanjutnya, H. Guspiandi, S.Ag. MM
Menjelaskan bahwa Rencana operasional ini sangat penting. Sebab, hal itu akan menjelaskan bagaimana skema penyelenggaraan ibadah haji tahun ini".

"Apakah haji tahun ini akan digelar seperti tahun lalu, hanya diikuti oleh warga Saudi atau epkspatriat yang ada di sana? Atau ada izin untuk pemberangkatan jemaah dari negara luar Saudi, termasuk Indonesia. Karena kerajaan Arab Saudi juga belum mengumumkan negara- negara mana saja yang boleh masuk untuk melaksanakan haji tersebut " Ungkapnya.

Lebih Lanjut, H. Guspiandi, S.Ag. MM menjelaskan bahwa Namun apabila Indonesia termasuk dalam negara yang boleh melaksanakan haji, maka kementerian agama Kab. Inhil dengan ini siap untuk memberangkatkan CJH asal Inhil tentunya dengan berkoordinasi dengan semua pihak baik dengan DPRD, pemerintah daerah Seperti Bagian Kesra, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, satpol PP dan lainnya, serta instansi vertikal seperti TNI dan Polri

"Karena pada dasarnya kita sudah mempersiapkan jamaah dari tahun 2020 kemaren, baik secara administrasi maupun dokumennya. Ditambah lagi untuk tahun 2021 ini kita sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk melaksanakan penyuntikan vaksin covid bagi Calon Jamaah Haji," Jelasnya. (Jb)