Kesehatan

Presiden Jokowi Diagendakan Tinjau Vaksinasi Massal di Pekanbaru

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan ke Riau pada 19 Mei 2021, salah satunya diagendakan akan meninjau  pelaksanaan  vaksinasi massal di  Kota Pekanbaru.

"Pekanbaru bertepatan dengan kunjungan Presiden RI menggelar  vaksinasi massal kepada sekitar 10.000 warga," kata Wali Kota Pekanbaru  Firdaus MT di Pekanbaru.

Vaksinasi massal ini sebagai salah satu upaya percepatan bagi masyarakat Pekanbaru guna menghindari kerumunan dan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) vaksinasi massal bagi 10.000 warga Pekanbaru akan di sebar di tiga lokasi,  yakni Hotel Novotel, Gelanggang Remaja Sudirman dan Hotel Furaya.

"Makanya kita imbau masyarakat yang akan datang vaksin tetap menerapkan 5 M yaitu menggunakan masker, mencuci tangan sebelum masuk, menjaga jarak sesuai yang sudah ditentukan, hindari kerumunan dan mencegah mobilitas interaksi," kata Firdaus MT.

Kata Wako kali ini ada empat kelompok yang akan mengikuti vaksinasi  massal tersebut. Yakni mereka yang selama ini memang belum tersentuh.

"Rencananya vaksinasi bagi mereka dari kelompok tenaga pendidikan termasuk petugas administrasi dan petugas lainnya, rohaniawan, RT/RW, serta tokoh masyarakat termasuk lembaga pemberdayaan masyarakat juga lansia itu akan  dihadiri Presiden Joko Widodo," katanya.

Walikota menjelaskan, untuk menyukseskan vaksinasi massal ini  Pemko Pekanbaru sudah mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan.

"Insya Allah, seluruh tenaga medis yang kita butuhkan untuk vaksinasi ini sudah siap sedia. Tim medis berkoordinasi antara tim Pemko Pekanbaru dan Pemprov Riau," ungkap Wako.

Ia juga mengimbau bagi warga yang belum divaksin khususnya lansia agar ikut.

"Dari kelompok-kelompok ini harus membawa keluarganya yang sudah lansia. Inilah yang menjadi target kami," kata dia. 

Sebab, lanjut dia sejauah ini, korban  meninggal  dunia di Pekanbaru  akibat virus corona banyak dari para lansia. 

"Maka vaksinasi diutamakan bagi para lansia," tukasnya.(ant)