Lingkungan

Ancam Keselamatan Warga, Jalan dan Jerambah Penyeberangan di Kecamatan Reteh Perlu Perhatian

INHIL, RIAULINK.COM - Jalan dan jerambah penyeberangan penghubung antar desa di Kecamatan Reteh sangat membahayakan warga. Kondisi ini sudah berlangsung bertahun-tahun tanpa perhatian pemerintah setempat. 

Infrastruktur penghubung yang rusak tersebut menghubungkan Desa Pulau Kecil dan Desa Mekar Sari. Selain akses transportasi orang, juga penyeberangan kendaraan bermotor roda dua.

"Kondisi jalan dan jerambah penyeberangan mengalami kerusakan parah, sudah hancur dan sangat membahayakan warga yang melewatinya, " cerita Akmal, warga setempat kepada wartawan, Sabtu (15/5/2021). 

Dijelaskan, kondisi jalan dan jerambah yang rusak itu berada di Desa Pulau Kecil, namun ini menjadi akses warga Desa Mekar Sari menuju desa mereka. Maka, diperlukan sinergitas antar desa terkait perbaikan fasilitas umum ini. 

"Apalagi ini akses bagi warga, terutama guru dan anak sekolah.  Sudah cukup banyak warga yang jatuh ke lumpur karena kondisi jerambah yang rusak parah dan sangat licin kalau pas air suruh, " keluhnya. 

Ditanbahkan, kalau air pasang memang agak aman dari jerambah untuk turun ke pompong penyeberangan, namun saat air surut cukup jauh untuk menjangkau pompong, diperparah jerambah yang terbuat dari kayu papan sudah patah-patah dan sangat licin. 

"Susah naik dan turun, sehingga banyak warga yang jatuh ke lumpur di jerambah. Sebelum ada korban nyawa, sebaiknya pemerintah antar desa atau pihak yang terkait lainnya mengambil langkah bagi keselamatan warga, " imbuhnya.***