Pendidikan

6 Kandidat Kuat Rektor Baru UIN Suska Riau, Siapa Saja?

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Sudah beberapa bulan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau tanpa ada pimpinan tertinggi atau rektor. Civitas akademika berharap secepatnya ada rektor agar kekosongan pimpinan tidak berlarut.

Kini, sudah ada enam calon terjaring oleh panitia penjaringan calon Rektor UIN Suska setelah melakukan penilaian kualitatif di tingkat senat. Nama-nama itu sudah dikirim ke Kementerian Agama untuk dipilih.

Ketua Penjaringan Calon Rektor UIN Suska Riau, Dardiri MA, menyebut dokumen sudah dikirimkan pada 8 Mei 2021. Pihaknya kini menunggu terbentuknya komite seleksi (Komsel) di Kementerian Agama pusat.

"Sudah ada beberapa pihak menanyakan hasilnya, 'bolanya' sekarang ada di pusat, tunggu saja sehingga terbentuk Komsel. Nantinya panitia akan dikabari dari Jakarta," kata Dardiri, akhir pekan lalu.

Hingga kini, Dardiri belum menerima kabar kemungkinan bergesernya tahapan pemilihan rektor karena bersamaan dengan hari libur Idul Fitri. Dia menyebut panitia masih bekerjasesuai jadwal.

"Sesuai jadwal semula yang disahkan oleh Plt Rektor, tahapan saat ini masih sesuai dengan perkiraan, panitia telah bekerja sesuai jadwal yakni hingga terkirimnya dokumen ke Jakarta untuk diserahkan pada Menteri Agama tanggal 5 Mei, hal itu bisa terpenuhi," jelas Dardiri.

Dardiri mengucapkan terima kasih kepada civitas akademika, para calon dan para pendukung calon juga semua pihak yang telah mendukung serta menjaga kondusivitas pemilihan Rektor UIN Suska Riau.

"Kita semua menaruh harapan agar nantinya dapat terpilih rektor yang terbaik dari calon-calon terbaik yang dapat memahami situasi kampus dan dapat memajukan UIN Suska ke depan," katanya.

Sebagai informasi, ada enam calon lulus verifikasi setelah melalui penilaian kualitatif di Senat UIN Suska Riau. Kemudian, nama calon rektor yang dianggap memenuhi kualifikasi dari senat diserahkan ke Kementerian Agama di Jakarta.

Nantinya di Kementerian Agama, para calon akan diwawancarai oleh Komsel sehingga keluar nama yang akan diputuskan sebagai rektor defenitif melalui keputusan Menteri Agama.

Keenam calon rektor tersebut adalah Prof Dr H Salfen Hasri MPd, Prof Dr Hairunas MAg, Prof Dr H Ilyas Husti MAg, Prof Dr H Akbarizan MAg MPd, Prof H Raihani MEd PhD, dan Prof Dr Muhajirin MA.

Untuk diketahui Prof Salfen Hasri saat ini menjabat sebagai Kepala Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Suska Riau. Sedangkan Prof Hairunnas Rajab adalah Dekan Fakultas Psikologi UIN Suska Riau.

Prof Ilyas Husti pernah menjabat sebagai Direktur Pasca Sarjana UIN Suska dan pernah menjadi Wakil Rektor UIN Suska. Kini, Ilyas Husti juga menjabat sebagai Ketua MUI Riau.

Selanjutnya adalah Prof Akbarizan yang merupakan mantan Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Suska. Sementara Prof Raihani adalah Guru Besar di Fakultas Psikologi.

Sementara Prof Muhajirin merupakan Guru Besar di UIN Raden Fatah Palembang, Sumatera Selatan.