Kesehatan

Kadiskes Pekanbaru: Ada 78 Ribu Permintaan Vaksin

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru saat ini menggesa percepatan vaksinasi Covid-19. Seiring ini, jumlah permintaan vaksinasi Covid-19 oleh masyarakat di Kota Pekanbaru sendiri cukup tinggi.

 Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kota Pekanbaru Muhammad Noer menyebut, saat ini saja pihaknya menerima ajuan permintaan vaksin sebanyak 78.000 orang. Permintaan ini berasal dari kelompok pelayanan publik, dan pelaku usaha. 

"Yang meminta secara resmi ke kita saja ada 78.000 yang belum dipenuhi. Dari pelayanan publik, ada dari pedagang, dari perusahaan yang ada di Pekanbaru," terang M.Noer, Rabu (5/5/2021). 

Menurutnya, minat masyarakat dalam vaksinasi tinggi hanya saja vaksin yang tersedia saat ini terbatas. Vaksin yang tersedia masih di prioritaskan bagi kelompok masyarakat lanjut usia (Lansia). 

Pihaknya masih melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau untuk meminta vaksin tambahan. Jika ini dapat dipenuhi maka vaksinasi juga dilakukan terhadap kelompok pelayanan publik. 

Karena diakui M. Noer, permintaan paling banyak saat ini adalah dari kelompok pelayan publik. Mereka yang bekerja dan bersentuhan langsung dengan masyarakat. 

"Saat ini memang prioritas pada lansia, tapi kita tidak terfokus pada lansia saja. Kita juga menggesa pelayanan publik, karena Pekanbaru ini kota tujuan untuk orang bekerja. Orang bekerja untuk hidup, banyak pekerja," pungkasnya. (*)