Metropolis

Perusahaan Belum Bayar THR, Laporkan ke Disnakertrans Dumai 

Ilustrasi.net

DUMAI, RIAULINK.COM - Plt Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kota Dumai, Syahrinaldi menginstruksikan kepada buruh atau pekerja yang belum mendapatkan tunjangan hari raya (THR) bisa melapor ke pihaknya.

Mereka bisa menyampaikan pengaduan ke Posko Pengaduan THR tahun 2021 di Jalan Kesehatan Kelurahan Teluk Binjai, Kecamatan Dumai Timur.

"Pekerja atau buruh bisa datang langsung untuk melayangkan laporan ke posko tersebut,"ucap dia, Selasa (4/5/2021) kepada wartawan di ruangannya.

Menurut pria yang kerap disapa Ucok Melayu tersebut, perusahan wajib membayarkan THR pekerja selambatnya tujuh hari menjelang lebaran."Dan THR yang mereka dapatkan juga harus dibayarkan penuh,"pesannya menegaskan.

Hal ini merujuk kepada Peraturan Menteri Ketenagakerjaan RI nomor 6 tahun 2016 tentang THR keagamaan bagi pekerja atau buruh di perusahaan meskipun saat ini masih dalam pandemi Covid-19.

Dikatakan dia, posko pengaduan ini dibuka dari Senin, 26 April 2021 pekan lalu sampai hari lebaran pekan depan.

"Hingga saat ini kita belum ada terima laporan pengaduan. Jika memang ada maka segera melapor ke kita agar kita tindaklanjuti, dan segera kita lakukan pemanggilan,"terangnya.

Pihaknya juga memastikan merahasiakan nama buruh atau pekerja yang melapor tersebut.

"Asal laporannya jelas. Kita akan kerjasama dengan pengawas untuk menindaklanjuti laporan pekerja,” ucapnya menambahkan.

"Kita juga siap mengawasi pemberian THR di perusahaan. Apalagi Gubernur Riau sudah menerbitkan edaran terkait pelaksaan pemberian THR,"tutup dia. (Kll)