Metropolis

Pekanbaru Zona Merah, Pusat Perbelanjaan Tetap Ramai

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Kasus positif Covid-19 di Kota Pekanbaru turun drastis,Jika sebelumnya, mencapai 200 kasus lebih hari ini hanya 74 kasus terkonfirmasi positif.

"Kemarin masih tinggi sekitar 200 lebih. Saat ini Pekanbaru memasuki zona merah. Kami imbau warga masyarakat, khususnya warga Pekanbaru agar tetap disiplin mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes)," kata Sekretaris Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy Saragih, Selas (04/05/2021).

Ia mengakui di beberapa tempat saat ini sudah mulai banyak kerumunan. Seperti di pusat-pusat perbelanjaan. 

"Kami lihat beberapa tempat, teruta di pusat perbelanjaan sudah ramai. Bahkan kadang-kadang, karena ramainya petugas sekuriti juga tidak sempat lagi memeriksa suhu dan juga cuci tangan," jelasnya.

Lanjutnya, jika saja ada kasus baru di pusat perbelanjaan akan membuat klaster baru penyebaran Covid-19. "Di pusat perbelanjaan ini jika ada yang positif, akan menimbulkan klaster baru. Pekanbaru ini beberapa minggu belakangan terjadi peningkatan kasus," jelasnya.

Kepala Satpol PP Kota Pekanbaru Iwan Simatupang menyebut, meski ada penurunan tim satgas tetap lakukan penertiban. "Potensi ada kerumunan. Potensi kerumunan itu kan bisa terjadi di mana saja. Bisa di kafe, di restoran bisa di jalanan," jelasnya.

Lanjutnya, yang jelas tim mengerjakan sesuai tupoksi, pendisiplinan masyarakat dan penegakan Perwako. 

"Sanksi itu ada administrasi, berupa teguran. Makanya kita siapkan ada blanko disiapkan," jelasnya.