Hukrim

Sempat 'Menguak', Polres Inhu Akan Tindaklanjuti Dugaan Pungli Oknum Camat

Kasat Reskrim Polres Inhu, AKP I Komang Aswatama S.Ik SH.

INHU, RIAULINK.COM - Gonjang-ganjing terkait adanya dugaan praktek Pungli (pungutan liar) yang dilakukan oleh oknum Camat Batang Gangsal, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, menuai perhatian aparat penegak hukum.

Salah satu perhatian itu datang dari jajaran Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau.

"Jika benar adanya, kan kita tindak lanjuti," kata Kapolres Inhu AKBP Efrizal, melalui Kasat Reskrim AKP I Komang Aswatama, menjawab RiauLink.com, Rabu (28/4/2021) via pesan elektroniknya.

Disebutkan Komang, pihaknya mengaku sebelumnya tidak mengetahui tentang adanya informasi praktek dugaan pungli oleh oknum Camat Batang Gangsal tersebut.

"Sebelumnya, kita tidak mengetahui terkait hal itu, dan kita akan tindak lanjuti informasi ini secepatnya," singkat Komang.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pemberitaan terkait dugaan pungli Camat Batang Gangsal Elinaryon itu, sempat viral dan ramai diberitakan pada berbagai media di Riau, namun tiba-tiba hilang dari permukaan.

Yang mana, dugaan pungli itu terkuak pada awal tahun 2021 lalu, dan telah berlangsung sejak 3 November 2020 silam. Kendati demikian, kasus tersebut tak tersentuh oleh hukum.

Dugaan pungli itu berawal dari rapat yang dilakukan di Aula Kantor Camat Batang Gangsal, pada 3 November 2020 lalu bersama perwakilan masyarakat desa. Dalam rapat itu, disepakati bahwa akan dilakukan perbaikan jalan di tiga desa, dengan sumber dana ditarik dari beberapa perusahaan perkebunan dan tengkulak kelapa sawit.

Volume jalan yang akan diperbaiki, sekitar 117 kilometer dengan besaran pagu anggaran yang dibutuhkan sebesar, Rp112 juta. Sedangkan dana yang dioungut oleh oknum camat tersebut, diperkirakan lebih dari Rp122 juta lebih.

Dimana, masing-masing perusahaan perkebunan sawit yang ada, dipungut sebesar Rp27 ribu per satu hektare lahan yang dikuasai, sedangkan masing-masing tengkulak dibebankan sebesar Rp1 juta.

Menanggapi hal itu, Camat Batang Gangsal, Elinaryon, belum berhasil dikonfirmasi RiauLink.com. Ketika dihubungi via ponsel nya, tidak dijawab dan pesan WA yang dikirim juga tidak dibalas. (Jefri)